MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF DI TK

  • Nova Djangkali Guru Paud Lestari Lambunu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf di kelompok A TK Aisyiyah Busthanul Athfal IV. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok A yang berjumlah 13 anak, terdiri dari 6 anak perempuan, dan 7 anak laki-laki. Rancangan penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan selama 3 minggu dengan 6 kali tindakan dalam II siklus. Data di kumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi, serta di analisis secara presentase untuk mengambil kesimpulan dari penelitian ini, peningkatan yang terlihat signifikan  pada aspek kemampuan mengenal pola huruf dalam kategori sangat baik dan baik terjadi peningkatan yaitu 32.07%, selanjutnya pada aspek kemampuan mengurutkan huruf sesuai warna terjadi peningkatan 23.07%, selanjutnya pada aspek melacak huruf dari pra tindakan hingga siklus I terjadi peningkatan yaitu 15.41%. Selanjutnya peningkatan dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada aspek kemampuan mengenal pola huruf terjadi peningkatan 23.08% untuk kategori sangat baik dan baik, sedangkan untuk aspek kemampuan mengurutkan huruf sesuai warna yaitu 15.39%, sedangkan untuk kemampuan melacak huruf terjadi peningkatan sebagai berikut 15.36%. Sedangkan jika di analaisis dari pra tindakan ke siklus II maka terjadi peningkatan rata-rata 76.93% dari kemampuan yang di teliti dari ketiga aspek yaitu kemampuan mengenal pola huruf,  kemampuan mengurutkan huruf sesuai warna, dan kemampuan melacak huruf. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di kelompok A TK Aisyiyah Busthanul Athfal IV Palu.

Kata kunci: Metode Permainan Kartu Huruf dan Kemampuan Mengenal huruf

References

Agus Hariyanto. (2009). Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press.

Azhar Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dir-jen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Conny R. Semiawan. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2008. Psikolinguistik Pengan-tar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Enny Zubaidah. (2001). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pendidikan Dasar Dan Pra-sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Is-lam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menteri Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. Jakar-ta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Nurbiana Dhieni. (2007). Metode Pengembangan Baha-sa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Rahim Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Malang: Bumi aksara.

Sadiman. (2008) Media Pendidikan. Sumatra Barat: Er-langga.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sutaryono. (1999). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2010). Design Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini Kelas Awal. Jakarta: Preindo Media Group.

Yasin Mustofa. (2007). EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Seketsa.

Published
2019-05-12
Section
Articles