PENERAPAN METODE KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK

  • Widayati Widayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan metode kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelompok B Tk aisyiyah pengawu dapat ditingkatkan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari pra tindakan anak pada kategori berkembang sangat baik mencapai rata-rata 26,6% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai rata-rata 33% pada kategori berkembang sangat baik, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 80% pada kategori berkembang sangat baik dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B TK Aisyiyah Pengawu.

Kata kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Kartu Kata Bergambar

References

Ahmad Rohani. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Anggiat M. Sinaga, dan Hadiati, S. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dewi Salma. Prawiradilaga, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta : Prenada.

Dhieni, Nurbiana. 2005. Metode Perkembangan Bahasa. Jakarta Universitas Terbuka.

Dwi Yulianti. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu. Skripsi. Universitas Diponegoro : Semarang

Hariati, Diah, 1994. Program Kegiatan belajr Taman kanak-kanak. Jakarta : depdikbud.

M Basyiruruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Ciputat Press.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Mohamda Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mudhaffir, Teknologi Instruksional Sebagai Landasan Penerangan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung : PT : Remaja Rosdikarya Offset, 1999.

Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru : Bandung

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : BPG

Nurbiana Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : UniversitasTerbuka.

Robbin. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Hal 22

Suryabrata. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta

Tarigan, Henry Guntur. (1983). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarmansyah. (1996). Gangguan Komunikasi. Jakarta : Depdikbud.

Published
2019-05-12
Section
Articles