MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI TK

Nurmiati Nurmiati(1*)
(1) Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah apakah kemampuan bahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di TK.  Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa  anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B di TK. Dengan dibuktikan adanya hasil presentase ketuntasan belajar yaitu dari pra tindakan jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) baru berkisar 16,47%  atau 2 anak, meningkat pada siklus I dalam kriteria penilaian berkembang sangat baik (BSB) sudah berkisar 23,53% atau 4 anak, sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan yang baik yaitu berkisar 41,18% atau 8 anak yang menunjukan kriteria penilaian berkembang sangat baik (BSB), pada kriteria penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 5 anak atau 31,76%,peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang


Keywords


Metode Bercerita; Siswa; Kemampuan Bahasa

Full Text:

PDF

Article Statistic

Abstract view : 117 times
PDF views : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6281241088291
e-mail: jurnal.eceij@gmail.com