UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI LOMPAT TALI PADA KELOMPOK B DI TK

  • Siswati Siswati Guru Paud Lestari Lambunu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui kegiatan Lompat Tali Kelompok B di Tk Jannatul Ma’wa Kelurahan Petobo pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B. Objek dalam penelitian ini adalah siswa usia 4-5 tahun dengan unsur yang menunjang kemampuan motorik kasar siswa khususnya kekuatan dan keseimbangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi (Checklist). Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah melakukan kegiatan lompat tali yaitu dengan anak melakukan pemanasan terlebih dahulu, setelah itu anak dibagi menjadi dua kelompok, langkah selanjutnya anak melakukan lompat tali dengan ketinggian 20 cm. Anak yang sudah melakukan lompat tali diberikan Reward berupa stiker bintang untuk setiap anak. Unsur motorik kasar yang diamati dalam kegiatan lompat tali pada Siklus I dan Siklus II yaitu kekuatan dan keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan kegiatan lompat tali. Peningkatan komponen motorik kasar dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 35% atau 7 anak dari 20 anak pada kriteria BSH, pada Siklus I diperoleh 55% atau 11 anak dari 20 anak pada kriteria BSH, dan Siklus II diperoleh 85% atau 17 anak dari 20 anak pada kriteria BSB. Anak dapat melakukan gerakan melompat dengan tolakan kuat sehingga mendarat dengan baik.

Kata Kunci: Kemampuan motorik kasar, Kegiatan lompat tali, Anak

References

Hurlock B. Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta. Erlangga

Maykes S Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogya-karta: AR-RUZZ MEDIA.

Sujiono, Bambang (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Anak Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidi-kan Indonesia

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. M. S. (2005). Model Pengembangan Ket-erampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidika dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Yudha M. Saputra. (2005). Perkembangan Gerak. De-partemen Pendidikan Nasional Direktoran Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Published
2019-05-12
Section
Articles