MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK MELALUI PEMBERIAN TUGAS

  • Samsidar Samsidar Guru Paud Lestari Lambunu

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah kemampuan disiplin anak dapat ditingkatkan melalui pemberian tugas di Kelompok B TK PGRI Pandere. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bahwa pemberian tugas dapat meningkatkan disiplin  anak. Subyek penelitian adalah anak di Kelompok B TK PGRI  Pandere yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai observer. Deskripsi hasil penelitian ketuntasan belajar, jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan belajar meningkat pada siklus I dalam kriteria penilaian berkembang sangat baik (BSB) sudah berkisar 23,6%, dan pada siklus II telah mengalami peningkatan yang baik yaitu berkisar 49,01%. Kemudian kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dari 35,3% menjadi 35,29%, mulai berkembang (MB) yang tadinya 27,4% tinggal 15,68% pada siklus II dan kriteria belum berkembang (BB) pada siklus I sebanyak 13,7% menjadi tidak ada lagi pada siklus II. Peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih saying

Kata Kunci : disiplin, tugas 

References

Ametebun. 1981. Guru dalam Administrasi Sekolah. FKIP IKIP. Bandung

Hasan, Maimunah, 2012, Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta :Diva Press

Mansur, 2005, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Masnur & Nur Hasanah. 1992. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Ja-karta: Bumi aksara

Muhammad Fadillah &Klorida, Lilif Mualifatu. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Bela-jar Mengajar, (Jakarta : Bumi Aksara, 2000).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1996. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2019-05-12
Section
Articles