Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Sepeda Motor Pada Cv. Sulteng Motor Palu

  • Sri Haryani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajuddin Sirajuddin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kualitas Layanan yaitu, Tangibles (bukti langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (perhatian), Kepuasan Konsumen

Abstract

Dari hasil perhitungan menggunakan analisis persamaan regresi linear berganda diperoleh Y = 0,460 + 0,169 (X1) + 0,275 (X2)+ 0,419 (X3) + 0,247 (X4) + 0,157 (X5). Jika variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian sama dengan nol, maka nilai kepuasan konsumen sebesar 0,460. Bila kualitas layanan berubah dengan 1 poin maka variabel Tangibles (bukti langsung) akan bertambah sebesar 16,90%. Begitu juga untuk variabel Reliability (keandalan) yaitu sebesar 27,50%. Selanjutnya variabel Responsiveness (daya tanggap), jaminan, dan perhatian menunjukkan parameter yang positif yaitu berturut-turut sebesar 41,90%, 24,70%, dan 15,70%. Artinya setiap penambahan 1 variabel tersebut akan diikuti dengan menaiknya kualitas layanan. Nilai adjusted R adalah 0,744, hal ini menunjukan bahwa 74,40% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian. Sisanya 25,60% disebabkan oleh pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam model. Dari uji Anova dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 29,521 > nilai Ftabel sebesar 2,427, terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian secara serempak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi dengan thitung didapat nilai thitung  bukti langsung sebesar 2,954 > ttabel 2,010, keandalan (X2) 2,980 > 2,010, daya tanggap  (X3) 4,188 > 2,010,  jaminan (X4) 3,424 > 2,010, dan Perhatian (X5) 2,438 > 2,010. Dengan demikian variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

References

Alma, Buchari. H. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Keempat. Penerbit Alpa Beta. Bandung.

Assauri, Sofyan 2005. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Rajawali Grafindo Persada. Jakarta

Basu Swasta dan Irawan, 1993. Azas-Azas Marketing. Liberty . Yogyakarta.

___________________., 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Basu, Swasta , 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. BPFE. Yogyakarta.

Bilson, Simamora, 2001, Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dajan, Anto, 1986, Pengantar Metode Statistik II. Cetakan ke-9, LP3ES, Jakarta.

Engel,1994.Pengertian keputusan konsumen.

Fandy Tjiptono, 1998, Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Andy, Yogyakarta.

Husein Umar, 2002. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

__________, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

__________ . 2010. Desain Penelitian Manajemen: Cara Mudah Meneliti Masalah-masalah Manajemen Untuk Skripsi, Tesis, dan Praktek Bisnis . Rajagrafindo Persada. Jakarta.

___________, 1999, Pokok – Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi), Bumi Aksara, Jakarta.

I Gusti Ngurah Agung,. 2011. Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi: Kiat-kiat Untuk Mempersingkat Waktu Penulisan Karya Ilmiah Yang bermutu, Edisi Revisi-4. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Irawan Hamdi. .1996. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Indonesia. Jakarta.

Istijanto, 2008. Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Jonathan Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Penerbit Prenhallindo. Jakarta.

__________. 1995. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

__________. 2002. Manajemen Pemasaran. PT. INdeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kotler dan Garry Amstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid II. Penerbit Prenhallindo. Jakarta.

__________et.al. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku 2. Prentice Hall. Simon & Schuster (Asia). Pte. Ltd. Penerbit Andy. Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP AMP YKPN. Yogjakarta:

Lamb, Charles. W. et.al. 2001. Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

_______________. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Salemba Empat. Jakarta.

Mc. Carthy, E Jerome dan William D Perreault, 1995. Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajerial Global. Binarupa Aksara. Jakarta.

___________________________________,1993, Dasar-dasar Pemasaran, (terjemahan Agus Darma), edisi kelima, Erlangga, Jakarta.

Nugroho, 2003,Pengertian perilaku konsumen,.

Sitorus, Richardo, 2006, Pengaruh Kualitas Jasa Kartu Prabayar Mentari Terhadap Loyalitas pelanggan Di Kota Palu, Skripsi 2006, Universitas Tadulako.

Solimun, 2002, Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM), Lisre dan Amos : Aplikasi dan Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Psikologi, Sosial, Kedokteran dan Agrokompleks, Universitas Negeri Malang, Malang.

Srafianty, Sri, 2007, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Rumah Saki Madani Palu, Skripsi 2007, Universitas Tadulako..

Stanton, William, J, 1995, Prinsip Pemasaran (diterjemahkan oleh Yohanis Lamarto), Erlangga, Jakarta

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung.

Sugiono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono dan Wibowo, E. 2002. Statistik Penelitian. Alfabeta. . Bandung.

Supranto, 1996, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Kelima, Jilid III, Erlangga, Jakarta.

Tim Pustaka Widyatama. 2009. EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). PT.Pustaka Widyatama. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Penerbit Andy. Yogyakarta.

____________. 2007. Strategi Pemasaran:Cetakan Keenam. Andi Offset. Yogyakarta.

_____________ , 2004. Buku Latihan SPSS Versi 12 Statistik Multivariat, Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

______________, 1999. Riset Pemasaran Konsep Aplikasi Dengan SPSS, Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

___________ , 1996. Strategi Bisnis Manajemen. Andi Ofset. Yogyakarta.

___________ , 2007. Strategi Manajemen Pemasaran. Andi Ofset. Yogyakarta.

Yamit, Zulian. 2006. Kepuasan Kerja Karyawan. Rineke Cipta. Jakarta.

Published
2019-10-16
How to Cite
Haryani, S., & Sirajuddin, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Sepeda Motor Pada Cv. Sulteng Motor Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 146-152. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i2.866
Section
Articles