Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu

  • Rajindra Rajindra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Haris Abdul Kadir Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya jejaring sosial. Jejaring sosial saat ini banyak dimanfaatkan sebagai media promosi dan platform jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran jejaring sosial pada minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif selanjutnya populasi diambil dari setiap fakultas di Universitas Muhammadiyah Palu, dengan menentukan jumlah proporsional pada setiap fakultas. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner sebanyak 96 eksemplar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tabulasi frekuensi. Dari hasil perhitungan menggunakan metode tabulasi frekuensi, pada variabel jejaring sosial diperoleh nilai skor rata-rata 4,01 dan nilai skor rata-rata pada variabel minat berwirausaha yaitu 3,98 persetujuan ini dinilai memiliki nilai yang cukup tinggi bahwa jejaring sosial memiliki peran pada tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu.

References

Abraham, A .2011. Sukses Menjadi Artis Dengan Youtube. PT Java Pustaka Group, hlm. 45-52

Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan. CV Alfabeta. Bandung.

Basrowi. 2011. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Ghalia Indonesia. Bogor.

______. 2014. Kewirausahaan. Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan kedua. Gralia Indonesia. Bogor

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia. Jakarta.

Brogan, Chris. 2010. Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Christakis, Nicholas A. M.D.,Ph.D & Flower, James H. Ph.D. 2010. Connected: Dahsyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita. PT.Gramedia Pustaka Utam. Jakarta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Drastian Enggar Aditya. 2015. “Hubungan Penggunaan Media Sosial Online Facebook Dengan Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Mataram Semarangâ€. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Under Graduates thesis.

Enterprise, Jubilee. 2012. 30 Aplikasi Android Paling Dahsyat, Elex Media. Jakarta.

Erlinda Nordiana. 2013. “Peran Jejaring Sosial Sebagai Media Peningkat Minat Berwirausaha Mahasiswa Untuk Berbisnis Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya)â€.Universitas Brawijaya. Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 2, No 2: Semester Genap 2013/2014.

Finnah Fourqoniah . 2015. “Pengaruh Struktur Jejaring Sosial Online Terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Sarjana Di Indonesiaâ€. Universitas Mulawarman. Samarinda. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor 3, Nopember 2015.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta.

Juju, Dominikus dan Sulianta, Feri. 2010. Branding Promotion With Social Network. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kaplan M. Andreas,, Haenlein Michael 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons.

Lambing, Peggy A. and Kuehl. Charles R. 2007. Entrepreneurship. 4th Ed. Pearson Practice Hall. New Jersey.

Madcoms. 2010. Facebook, Twitter, Plurk Dalam Satu Genggaman. Andi Offset. Yogyakarta.

M. Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Kobis. Yogyakarta.

Natsir, M. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Priyono, Marnis. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher. Sidoarjo.

Puntoadi. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. PT. Elex Komputindo. Jakarta.

Rohmadi, Aris. 2016. Tips Produktif Ber-Sosial Media. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Saiman, Leonardus. 2009. Kewirausahaan Teori, Praktek Dan Kasus- Kasus. Salemba Empat. Jakarta

Santoso.1993. Kompetisi dan Kepercayaan Diri Remaja. Liberty. Yogyakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sindang, Ennoch (2013) Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Pusdiklat KNPK. Jakarta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Alfabet. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. CV. Alfabeta. Bandung

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba. Empat. Jakarta.

Wahjono, Sentot imam. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja (EdisiKe 3). Rajawali Pers. Jakarta.

Zarella. D. 2010. The Social Media Marketing Book. PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI. Jakarta.

https://www.apjii.or.id/ diakses pada 14 Januari 2019

Published
2019-10-16
How to Cite
Rajindra, R., & Kadir, H. A. (2019). Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 135-140. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i2.864
Section
Articles