The Prospek Pengembangan Wisata Religi New Kemukus dalam Perspektif Pelaku Pariwisata

The Development Prospects of Religious Tourism ‘New Kemukus’ from A Tourism Player’s Perspective

  • Laras Kirana Ismihati Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.
  • Bakti Setiawan Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.
Keywords: Prospek, Stigma Negatif, Wisata Religi, Perspektif, Pengembangan Wisata

Abstract

Wisata ziarah di Gunung Kemukus Kabupaten Sragen, dikenal dengan ritual Ngalap Berkah yang tujuannya untuk mendapatkan pesugihan. Ritual ini yang akhirnya menimbulkan stigma negatif karena mengarah pada praktek prostitusi. Pemerintah Kabupaten Sragen berupaya menghapus stigma negatif ini dengan merencanakan pengembangan wisata Gunung Kemukus menjadi New Kemukus yang berkonsep wisata religi dan wisata keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prospek keberhasilan pengembangan wisata religi dan wisata keluarga New Kemukus dalam perspektif pelaku pariwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan uji triangulasi.

Berdasarkan perspektif pelaku pariwisata yaitu pengelola, pengunjung, tokoh pemuda, dan juru kunci Gunung Kemukus, pengembangan wisata New Kemukus dinilai memiliki prospek yang bagus. Dengan adanya wisata religi dan wisata keluarga mampu mengubah stigma negatif menjadi positif. Wisata yang dulunya diminati karena ritual pesugihan beralih menyasar kelompok keluarga menjadikan New Kemukus semakin ramai. Sehingga dengan sendirinya lambat laun praktek prostitusi bisa tersingkir.

 

References

Setiawan, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Meleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Emzir. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Depok: Rajawali Press.

Anwar, M. A. (2019). Kajian Pengembangan Wisata Religi di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Volume 14, Nomor 2.

Khairunnisa. (2017). Prospek Pengembangan Objek Wisata Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. JOM Fekon Volume 4 Nomor 1.

KBBI, K. B. (2016). Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/perspektif

Amira, D. (2022). Retrieved from https://plus.kapanlagi.com/arti-perspektif-pengertian-secara-umum-menurut-para-ahli-hingga-macam-macamnya-11e0d4.html

Damanik, J. W. (2006). Eco-tourism Planning : Theory to Application. Yogyakarta: Andi.

Ditjen Cipta Karya, K. P. (2022). The New Kemukus : Penataan Kawasan Gunung Kemukus. Jakarta: Ditjen Cipta Karya.

Published
2023-07-16
How to Cite
Laras Kirana Ismihati, & Bakti Setiawan. (2023). The Prospek Pengembangan Wisata Religi New Kemukus dalam Perspektif Pelaku Pariwisata : The Development Prospects of Religious Tourism ‘New Kemukus’ from A Tourism Player’s Perspective. Jurnal Sinar Manajemen, 10(2), 116-128. https://doi.org/10.56338/jsm.v11i2.3185
Section
Articles