Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Mengembangkan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar

Communication Strategy Village Head In Develoving Rice Field Tourism In The Pematang Johar Village

  • Tenerman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Elvita Yenni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Strategi Komunikasi, Kolaborasi, Wisata Sawah

Abstract

Keberhasilan suatu program desa yang dilakukan oleh pemimpin desa yaitu Kepala Desa, maka akan berinteraksi langsung maupun tidak langsung untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak yang dapat mendukung pengembangan desa wisata sawah khususnya di Desa Pematang Johar. Strategi komunikasi kepala desa sangat dibutuhkan dalam mengembangkan desa wisata sawah di Pematang Johar, dimana media komunikasi sangat berperan penting dalam menyampaikan pesan ke berbagai pihak termasuk memasarkan dan, mempromosikan desa wisata sawah sebagai sebuah produk yang layak. Berkembangnya desa wisata sawah di Desa Pematang Johar diharapkan dapat mendukung terwujudnya desa yang mandiri, nyaman dan maju juga mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan meningkatkan pendapatan desa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh bahwa berkembangnya wisata sawah di Desa Pematang Johar dikarenakan optimalitas peran kepala desa melalui jaringan kerjasama dengan berbagai perusahaan yang mempunyai CSR, sehingga memberikan bantuan dalam mengembangkan wisata sawah secara menyeluruh. Namun, masih terdapat beberapa kendala dan hambatan yaitu terkait akses ke wisata sawah yang masih belum memadai serta belum optimal masyarakat dalam memberikan dukungan untuk pengembangan wisata sawah

References

Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.891
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Cangara, H. (2013) Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta; Raja Grafindo Persada
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Third Edit).
Eka Krisna Yanti, A. A. I. (2021). Community Based Tourism dalam Menyongsong New Normal Desa Wisata Bali. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 72. https://doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31458
Hajar, Siti; Faustyna; Santoso, P. (2022). Strengthening Homestay Management Based On Local Wisdom In The Village Lumban Suhi Suhi Toruan. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.30656/ka.v4i2.3658
Hajar, S. (2017). Increased Capacity Village Officials About Governance Administration in of the Village Administration. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 84(Iconeg 2016), 387–389. https://doi.org/10.2991/iconeg-16.2017.86
Husin Demolingo, R. (2015). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 1(2), 67–82. https://doi.org/10.24843/jumpa.2015.v01.i02.p06
Lubis, A. P. S. S. S. H. K. K. N. A. A. D. J. M. S. S. D. A. W. (2020). ( OPTIMIZATION OF THE MANAGEMENT , UTILIZATION AND SUPERVISION OF VILLAGE FUNDS IN IMPROVING THE ECONOMY OF VILLAGE COMMUNITIES IN NORTH SUMATRA PROVINCE ). Inovasi: Jurnal Politik Dan Kebijakan, 19(1), 31–44.
Nikodimus. (2018). Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 16(2), 106–114. https://doi.org/10.51826/fokus.v16i2.216
Priansa, Juni Donni. (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung; Pustaka Setia
Putri, R. A. (2021). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Tangkas Desa Tanjung Lanjut, Kabupaten Muaro Jambi.
Rahmat, N. I. H. . dan D. (2019). Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Bergotong Royong. Atsar UNISA, 1(2), 77–85.
Rohana Simbolon, B., & Khairifa, F. (2018). Strategi Komunikasi Pemerintahan Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Desa Wisata Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Darma AGUNG, 26(1), 606–619.
Saepudin, E., Budiono, A., & Rohman, A. S. (2016). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Wisata Agro di Kabupaten Bandung Barat. Edulib, 6(2), 154–168. file:///C:/Users/Perpustakaan/Downloads/Edulib/Vol 6 No 2 - 2016/5027-10126-1-PB.pdf
Saputra, A., & Ali, K. (2020). Analisis Kebijakan Pariwisata Terhadap Pengelolaan Objek Wisata Di Kabupaten Samosir. Warta Dharmawangsa, 14(4), 564–584. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.889
Published
2022-11-25
How to Cite
Tenerman, & Elvita Yenni. (2022). Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Mengembangkan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar: Communication Strategy Village Head In Develoving Rice Field Tourism In The Pematang Johar Village. Jurnal Sinar Manajemen, 9(3), 489-495. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.3016
Section
Articles