Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelangga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bri Unit Wuring

Experiential Marketing Influence On Customer Loyalty Customer Satisfaction At Bri Unit Wuring

  • Nurdin H. Abd. Rahman Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, NTT, Indonesia
  • Moh. Fitri Program Studi Pendidikan Ekonomi, Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, NTT, Indonesia
Keywords: Pengaruh, Experiential Marketin, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, BRI

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menguji pengaruh experientialmarketing dan kepuasan pelanggan terhadap terciptanya loyalitas Nasabah BRI Unit Wuring. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Wuring, Jl. Bengkunis, Wuring, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka –Nusa Tenggara Timur terhitung mulai bulan september hingga oktober. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatori. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang mendatangi kantor BRI Unit Wuring. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alat pengumpulan dengan angket berupa kuisioner. Teknis analisis datanya adalah daftar pertanyaan yang disiapkan oleh peneliti untuk disampaikan kepada responden yang jawabannya diisi oleh responden sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Experiential marketing dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah pada BRI unit Wuring.

References

Lovelock, Chirstoperdan Jochen Wirtz. (2011), Service Marketing. New JerseyUSA : Pearson

Kotler., Hayes., dan Bloom.(2005), Enam alasanmengapa perusahaan harus menjaga dan mempertahankan konsumennya.

Zikmund, William G. (2003), Customer Relationship Management:Integrating Marketing Strategy and Information Technology. New Jersey: John Wiley and Sons.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013), Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan JurnalPenelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Soegoto, Herman. (2011), “Pengaruh Nilai dan Kepercayaan terhadap Loyalitas
Nasabah Prioritas.”Majalah ilmiah unikom vol.7 no.2Universitas KomputerIndonesia.

Hendy Irawan,Juwandi. (2004), Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.

Hamzah B. Uno. (2007), Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Adrie Putra. (2014), Penerapan 5 Pilar Tata Kelola Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Di Indonesia, Jakarta: Forum Ilmiah Vol. 11

Smilansky, Shaz. (2009), Experiential Marketing: A Practical guide to interactive brand experiences,Kogan Page: London

Sugiyono. (2012), Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.

Prasetya, Nusa. (2010), “Perceived Usefulness, Confirmation,dan Satisfactionterhadap Niat Keberlangsungan Pemakaian Mobile Internet.” ScHolar researchPurwokerto: Universitas Jendral Soedirman.

Nuruni dan Kustini. (2011), Experiental Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, Vol. 14, No. 1, April 2011, pp. 19-28.

Putri dan Astuti. (2010), Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel “X” Semarang. Aset, Februari 2010, hal. 191-195, ISSN 1693-928X, Vol. 12, No. 2
Dharmawansyah, Inggil. (2013), Pengaruh Experiential Marketing dan
Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu).Management Analysis Journal, Vol. 2 No. 2.
Published
2022-03-14
How to Cite
Nurdin H. Abd. Rahman, & Moh. Fitri. (2022). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelangga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bri Unit Wuring: Experiential Marketing Influence On Customer Loyalty Customer Satisfaction At Bri Unit Wuring. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 75-90. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2328
Section
Articles