Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar

The Effect of Initial Investment Capital, Investment Knowledge, Social Media Influencers on Investment Interest of Tidar University Accounting Students

  • Anastasya Fauzianti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Retnosari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
Keywords: Tren Investasi, Modal, Sosial Media Influencer, Minat Investasi, Magelang

Abstract

pengaruh dari modal awal investasi, pengetahuan investasi dan sosial media influencer terhadap minat investasi mahasiswa. Riset ini berjenis penelitian kuantitatif dimana terdapat sebuah kaitan sebab serta akibat diantara beberapa variabel yang menjadi variabel bebas serta variabel terikat. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Tidar Magelang. Selanjutnya dilakukan uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda melalui program SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan modal investasi mampu memberikan pengaruh pada minat untuk melakukan investasi, pengetahuan investasi mampu memberikan pengaruh pada minat untuk melakukan investasi, social media Influencer mampu memberikan pengaruh pada minat untuk melakukan investasi.

References

Ajzen, I. (2011). The theory of planned behaviour: Reactions and reflections. In Psychology and Health. https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2846
Dewi, N. N. S. R. T., Adnantara, K. F., & Asana, G. H. S. (2018). MODAL INVESTASI AWAL DAN PERSEPSI RISIKO DALAM KEPUTUSAN BERINVESTASI. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2). https://doi.org/10.23887/jia.v2i2.15636

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). In Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3).

Pratiwi, D. T. (2020). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Awal Investasi Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Universitas Indonesia.

Pratiwi, N. G., Wahyudi, & Siswantini, T. (2019). Analisis Keputusan Investasi Pasar Modal pada Generasi Millennial. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. In Yogyakarta Andi 2011.

Nisa, A., dan Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntasi (PETA), 2(2), 22–35.

Rooij, M. Van, Lusardi, A., and Alessie, R. (2011). Financial literacy and stock market participation $. Journal of Financial Economics, 101(2), 449–472. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2011.03.006

Hermanto. (2017). Perilaku Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Esa Unggul Dalam Melakukan Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi, 8(2), 1–12.
Published
2022-03-14
How to Cite
Anastasya Fauzianti, & Retnosari. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar: The Effect of Initial Investment Capital, Investment Knowledge, Social Media Influencers on Investment Interest of Tidar University Accounting Students. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26-35. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2323
Section
Articles