Sistem Pebelajaran Daring (Spada) Ditengah Wabah Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palu

Online Learning System (Spada) Amid the Covid-19 Outbreak for Students of the Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Palu

  • Dasa febriyanti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Sri Haryani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Marwana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Rasmi Nur Anggraeni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
Keywords: Pembelajaran daring, Covid – 19, SPADA, Hybrid, Unismuh Palu

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di fakultas ekonomi yang mana sebagai upaya penekanan penyebaran covid – 19 di perguruan tinggi. Subjek penelitian adalah mahasiswa fakultas ekonomi. Data diperoleh melalui wawancara lewat media aplikasi ZOOM. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1). Mahasiswa telah memiliki fasilitas- fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran secara daring; (2). Pembelajaran daring ini juga dapat mendorong kepada mahasiswa untuk belajar mandiri dan untuk lebih aktif dalam belajar. Dan (3). Pembelajaran jarak jauh ini mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir terjadinya kerumunan mahasiswa yang dianggap sebagai potensi mengurangi penyebaran covid – 19 dilingkungan perguruan tinggi. Lemahnya pengawasan terhadap mahasiswa, kurang kuatnya sinyal didaerah pelosok dan mahalnya biaya kuota adalah merupakan tantang dalam melakukan pembelajaran daring. Dengan meningkatnya kemandirian bekajar, minat dan motivasi, keberanian untuk mengemukakan suatu gagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring.

References

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskripsi Hasil Belajara Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Nelajaran Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339 – 346. https ://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdarmanova, A., & Umtikaliev, U. (2015). Special Aspeck Of Distance Learning In Education System. Antorpologist, 22(3), 449 – 454. http://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900
Asif, A.,R & Rahmadi, F.A. (2017). Hubungan Tingkatan Kecanduan Gadget Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Usia 11 – 12tahun (Doctoral Dissertation, Faculty Of Medicine)
Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby,P., Monto,A., Hayden,F., Van Tam J. (2006) Nonpharmaceutical Interventions For Pandemic Influenza National And Community Measure. Emerging Infection Diseases.
Bell,S., Douce, C., Cairo, S., Teixeira, A., Martin-Aranda, R., & Otto., D. (2017). Sustainability And Distance Learning: A Diverse European Experience? Open Learning, 32(2), 95-102.
Caley , P., Philip, D.,J & McCracken, K. (2008). Quantifyng Social Distancing Arising From Pandemic Influenza. Jurnalis Of The Royal Society Interface.

Chan, N. N, Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An Exploration Of Student Lived Experinces Of Using Smartphone In Diverse Learning Contexs Using A Hermeneutics Phenomenological Approach. Computer And Education.
CNNIndonesia. (n.d.-a). 4 Aplikasi Video Converence Yang Irit Dan Boros Data. Retrieved From http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasi-video-conference-yang-irit-dan-boros-data.
CNNIndonesia. (n.d.-a).65 Kampus Kuliah Dari Rumah. Sulta Yogya Ragukan Evektivitas. Retrieved From http://www.cnnindonesia.com/nasional/2020031610707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yoya-ragukan-evektivitas.
Darmalaksana, W.(2020). Whatapp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemic Covid-19. Indonesia Journal Of Education Science (IJES),2(2), 81-89.
Gikas, J., & Grant,M. M. (2013). Mobile Computing Devicesin Higher Education: Student Prespectives On Learning With Cellephone, Smartphones & Social Media. Internet And Higher Education
He, W., Xu, G., & Kruck,. S. (2014). Online Is Education For The 21st Century Journal Of Information System Education.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. LP2M
Iftakhar, S. (2016). GOOGLE CLASROOM: WHAT WORK AND HOW? Journal Of Education And Social Sciences.
Kim, Y., Wang., Y & Oh, J. (2016). Digital Media Use And Social Engagement: How Social Media And Smartphone Use Influence Social Aktivities Of College Student. Cyberspsyhchology, Bevahior, And Social Networking
Koruco, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences Between M-Learning (Mobile Learning) And Learning, Basic Terminology And Usage Of M-Learning In Education. Procedia – Social And Behaviora Sciences.
Kumar, V., & Nanda , P. (2018). Social Media In Higer Education . International Journal Of Information And Communication Technology Education.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Indonesia Language Education And Literature, 3(1),99-110.
Kuo , Y.C., Walker , A. E., Schroder, K.E.E., & Bellend ,B.R. (2014). Interaction , Internet Self-Efficacy, And Self-Regulated Learning As Predictors Of Student Satisfaction In Online Education Courses. Internet And Higher Education.
Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J.A., Hahn, C., Kim,D.J. (2013). Development And Validation Of A Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE.
Lau, W. W. F. (2017). Effect Of Social Media Usage And Social Media Multitasking On The Academic Performance Of University Student. Computer In Human Behaviour.
Miles,M.B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publication
Milman,N.B. (2015). Distance Education. In international Encyclopedia of the social & Behavioral Sciences:Second Edition.
Moore, J. L., Dickson – Deane , C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online Learning, And Distance Learning Enviorments : Are They The Same? Internet And Higre Education.
Naserly, M.K. (2020). Implementasi Zoom, Google Class Room Dan Whatsapp Grup Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.
Pangondian, R. A., Santoso, P.I., & Nugroho, E. (2019). Factor – factor yang mempengaruhikesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi daring industry 4.0. In seminarNasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) ( Vol. 1 No. 1)
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E – Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131 – 138.
Sicat, A. S. (2015). Enchancing College Student Proficiency In Business Writing Via Schoology. Internasional Journal Of Education and Research
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Website dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01), 18 – 28.
Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact With Positive and Negative Aspects. International Journal Of Computer Application Technology and Research.
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education.
Stein, R. (2020). COVID – 19and Rationally Layered Social Distancing. International Journal of Clinical Practice.
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learning satisfaction computer and Education.
WHO. (n.d). Points of entry and mass gatherings. Retrieved March 28,2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/technical-guidance/ponts-of-entry-and-mass-gatherings.
Zhang,D., Zhao, J., L., Zhao, L., & Nunamaker, J., F. (2004). Can e – Learning replace classroom learning? Communications of the ACM.
Published
2022-03-14
How to Cite
Dasa febriyanti, Sri Haryani, Marwana, & Nur Anggraeni, R. (2022). Sistem Pebelajaran Daring (Spada) Ditengah Wabah Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palu: Online Learning System (Spada) Amid the Covid-19 Outbreak for Students of the Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 18-25. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2322
Section
Articles