Analisis Break Even Service Point Kendaraan Roda Dua di CV Kyoto Motor

Analysis of Break Even Service Points for Two-Wheeled Vehicles at CV Kyoto Motor

  • Wahba Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia.
  • Guasmin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Ali Supriadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
Keywords: Analisis Break Event Point, laba, biaya tetap, biaya variabel dan harga jual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh break even point terhadap laba, biaya tetap, biaya variabel dan harga jual pada usaha CV Kyoto Motor Palu. Untuk mencapai tujuan tersebut, data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat primer dan skunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan alat analisis yaitu Break Even Point. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa break even point untuk analisis tahun 2018 adalah sebesar Rp 47.881.365 dan dalam unit penjualan 958 unit. Angka ini menunjukkan bahwa untuk tahun 2018 penjualan yang dicapai CV Kyoto Motor Palu dalam posisi tidak rugi dan tidak untung. Sedangkan untuk analisis pada tahun 2019 ditemukan bahwa break even point berada pada level penjualan Rp 48.582.350 atau 972 unit. Angka ini juga menunjukan bahwa Cv Kyoto Motor Palu dalam servis segi tiga (sokbreaker depan) motor tidak mengalami kerugian dan tidak mengalami keuntungan.

 

References

Abdul Halim, 2013, Analisis Investasi. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat : Jakarta
Abdul Halim. 2009. Persamaan Aljabar. Yogyakarta :Penerbit UGM
Amin Widjaja Tunggal. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi Biaya Dan Manajemen. Jakarta : Harvarindo.
Bambang. 2010. Break Even Point. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bastian Dan Nurlela,2009. Pengertian Akuntansi Biaya, Lembaga Penerbit Akdemik Akuntansi, Bandung.
Carter, K. William, Krista Ed. 2009. Akuntansi Biaya (Edisi Pertama). Jakarta : Salemba Empat.
I Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Halim Abdul. 2009. Persamaan Pengertian Biaya Tetap, Google Internet.

Haryono, Sigit. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakata. Jurnal Transportasi. Vol 7 No 1 Juli 2010.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara
Henry Simamora. 2013. Paduan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia.
Horngen, Datar, Dan Foster,2010. Akuntansi Biaya, Terjemahan Desi Andriani. Mep Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Kotler.P. and Keller.K.L. 2012. Marketing Management (14th Edition). New Jersey: Prentice Hall.
L.M. Samryn. 2012. Pengantar Akuntansi Mudah Membut Jurnal Dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Simungson. 2009. Analisis Break Event Point, Edisi Pertama, Lp, Jombang Intelektual Group (Jig) Jombang.
Sutia, Sabar dan Tambunan, Briman. 2010. Analisis Break Even. Jakarta :Mitra Wacana Media.
Published
2022-03-14
How to Cite
Wahba, Guasmin, & Supriadi, A. (2022). Analisis Break Even Service Point Kendaraan Roda Dua di CV Kyoto Motor: Analysis of Break Even Service Points for Two-Wheeled Vehicles at CV Kyoto Motor. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2320
Section
Articles