Analisis Penetapan Harga Berdasarkan Pesanan pada Wijaya Advertising di Kota Palu

  • Nurlailah STIE Panca BHAKTI PALU
  • Rukmin Baro STIE Panca BHAKTI PALU
Keywords: Penetapan harga, full costing, order costing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perhitungan yang tepat dalam menetapkan harga berdasarkan pesanan di Wijaya Advertising dan membandingkan perhitungan harga pokok produksi perusahaan dengan perhitungan harga pokok produksi teori full costing. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang diolah dengan menggunakan analisis Full Costing untuk penentuan harga pokok produksi  dan analisis Job Order Costing untuk penentuan harga jual berdasarkan pesanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pencatatan Job Order Costing, ternyata hasil Laba yang diperoleh lebih baik jika dibandingkan dengan pencatatan sebelumnya, dimana harga pokok produksi telah diperhitungkan biaya overhead sesungguhnya atas dasar stroke yang digunakan oleh masing-masing biaya. Metode Full Costing yang digunakan dalam laporan keuangan telah memperhitungkan seluruh proses produksi atas dasar seluruh biaya yang dikeluarkan. Dimana harga pokok produksi per lembar spanduk dengan pesanan nomor 499 pada tahun 2019 adalah sebesar Rp. 32.000,-. Sedangkan harga pokok produksi menurut perusahaan sebesar Rp. 30.000,-. Sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 2.000,-.

References

Adi, A. F. R., & YOESTINI, Y. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Darise, T., Saerang, D. P. E., & Wangkar, A. (2016). Analisis Penerapan Variabel Costing Sebagai Alat Untuk Menghitung Harga Pokok Produksi Pada Aksan Bakery Di Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 11(3).
Dewa, M. K. (2010). Mekanisme kerja divisi kreatifdi CV. Djongnesia Advertising.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hastuti, I. (2012). Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Alat Komunikasi Perusahaan Dengan Pihak Pemakai. DutaCom, 3.
Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai dasar penetapan harga jual pada cv salwa meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak Dan Manajemen), 5(9), 18–29.
Muniarti, E. (2014). ANALISIS BIAYA PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING UNTUK MENENTUKAN COST PRODUCTION PER UNIT PADA PERUSAHAAN BUSA JOK MOTOR “XPLOD”(STUDI KASUS). Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 9(02), 61–75.
Novitasari, E. (2020). Analisis Variance Bahan Baku Hubungannya dengan Penetapan Harga Pokok Produk di Egin Carz Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PARAMITHA, N. F. (2018). STRATEGI PUBLIKASI KEPARIWISATAAN (STUDI KASUSOBYEK WISATA KENJERAN). UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.
Putri, A. C. P., Hidayat, E. S., Ak, M. S., Nailufarh, Q. A., & SE, M. E. I. (2016). ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PLASTIK (Studi Kasus Pada PT. Supra Aspindo Jaya). Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Soedibyo, B. R. A. M. (2013). Family Business Reponses to Future Competition. Gramedia Pustaka Utama.
Toar, O., Karamoy, H., & Wokas, H. (2017). Analisis perbandingan harga jual produk dengan menggunakan metode cost plus pricing dan mark up pricing pada dolphin donuts bakery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).
Vanderbeck, F. (2005). Implementing mixed integer column generation. In Column generation (pp. 331–358). Springer.
Yusnaini, Y., Dewi, K., Burhanudin, B., Hakiki, A., & Meirawati, E. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Harga Pokok Produksi pada Badan Usaha Milik Desa di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 63–68.
Published
2021-03-15
How to Cite
Nurlailah, & Rukmin Baro. (2021). Analisis Penetapan Harga Berdasarkan Pesanan pada Wijaya Advertising di Kota Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 14-22. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1954
Section
Articles