Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Budgetary Slack pada Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

  • Chaeranti Muldayani Dewi STIE Panca BHAKTI PALU
Keywords: Anggaran, Budgetary Slack

Abstract

APBD merupakan keuangan Pemerintah Daerah yang disepakati dan ditetapkan bersama oleh kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) APBD disusun melalui sebuah proses secara partisipatif dan desentralistis dimana melibatkan konstituen dan pengguna anggaran di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack pada Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi anggaran memiliki pengaruh signifikan terhadap budgetary slack pada Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Dan saran yang diberikan diharapkan bagi Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dapat lebih memperhatikan penyusunan anggaran dalam menetapkan target anggaran yang harus dicapai, agar kesenjangan anggaran dapat diperkirakan dan dikendalikan sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya budgetary slack.

References

GUNUNGKIDUL, P. D. K. (2020). Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.
Irfan, M., Santoso, B., & Effendi, L. (2016). Pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan asimetri informasi, penekanan anggaran dan komitmen organisasional sebagai variabel pemoderasi. Journal of Accounting and Investment, 17(2), 158–175.
Kamil, F., & Hapsari, D. W. (2014). Pengaruh manajemen laba terhadap nilai perusahaan dengan mekanisme corporate governance sebagai variabel pemoderasi. EProceedings of Management, 1(3).
Kusumaningtyas, T. A. N. (2015). PENGARUH KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR DALAM IKLAN TERHADAP CITRA MEREK VASELINE MEN (Studi Pada Pemirsa Iklan di Kalangan Komunitas Black Motor Community Malang). University of Muhammadiyah Malang.
Savitri, E., & Sawitri, E. (2014). Pengaruh partisipasi anggaran, penekanan anggaran dan informasi asimetri terhadap timbulnya kesenjangan anggaran. Jurnal Akuntansi, 2(2), 210–226.
Wahyono, D. (n.d.). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Karyawan Bengkel yang berada di sekitar Kampus UNES Semarang sampai seputaran Sampangan yang ditaksir kurang lebih berjumlah 148 orang. Penentuan jumlah sampel yang digunakan penelitian ini ditentukan dengan pemakaian rumus Slovin: sejumlah 60 orang. Alat analisis yang digunakan path analysis.
Werimon, S. (2005). Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Hubungan Antara Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Keuangan Daerah (APBD)(Study Empiris Di Provinsi Papua). Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
Published
2021-03-15
How to Cite
Chaeranti Muldayani Dewi. (2021). Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Budgetary Slack pada Sekertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 50-56. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1660
Section
Articles