Pendidikan 4.0: Mempersiapkan Siswa untuk Dunia Kerja di Era AI dan Otomasi
Education 4.0: Preparing Students for the World of Work in the Age of AI and Automation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep Pendidikan 4.0 sebagai upaya mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja di era kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah artikel-artikel ilmiah dari lima tahun terakhir yang relevan dengan topik Pendidikan 4.0, literasi AI, dan transformasi pembelajaran. Hasil telaah menunjukkan bahwa Pendidikan 4.0 tidak hanya sekadar integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran, tetapi juga transformasi menyeluruh yang mencakup kurikulum adaptif, pengembangan kompetensi abad ke-21, serta penekanan pada keterampilan berpikir kritis, literasi data, dan etika digital. Temuan utama mengindikasikan bahwa keterbatasan infrastruktur, rendahnya kompetensi guru dalam penggunaan AI, dan ketidakmatangan kebijakan pendidikan masih menjadi hambatan signifikan, terutama di negara berkembang. Pembahasan lebih lanjut menegaskan bahwa strategi implementasi Pendidikan 4.0 harus melibatkan integrasi literasi AI sejak pendidikan dasar, penguatan kompetensi pedagogis guru, serta kebijakan publik yang menjamin akses merata dan etika penggunaan teknologi. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan Pendidikan 4.0 sangat ditentukan oleh sinergi antara kurikulum, tenaga pendidik, infrastruktur, dan regulasi. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya membangun sistem pendidikan yang tidak hanya adaptif terhadap teknologi, tetapi juga inklusif, etis, dan berorientasi pada masa depan.
References
Costan, E., Gonzales, G., Gonzales, R., Enriquez, L., Costan, F., Suladay, D., … Ocampo, L. (2021). Education 4.0 in developing economies: A systematic literature review of implementation barriers and future research agenda. Sustainability, 13(22), 12763. https:/doi.org/10.3390/su132212763
Dao, L. T., Tran, T., Le, H. V., Nguyen, G. N., & Trinh, T. P. T. (2022). A bibliometric analysis of research on Education 4.0 during the 2017–2021 period. Education and Information Technologies, 28(3), 2437–2453. https:/doi.org/10.1007/s10639-022-11211-4
Dumitru, D., & Halpern, D. F. (2023). Critical thinking: Creating job-proof skills for the future of work. Journal of Intelligence, 11(10), 194. https:/doi.org/10.3390/jintelligence11100194
EDUCAUSE Review. (2024). Must-have competencies and skills in our new AI world: A synthesis for educational reform. https:/er.educause.edu/articles/2024/9/must-have-competencies-and-skills-in-our-new-ai-world-a-synthesis-for-educational-reform
García-López, E., & Trujillo-Liñán, I. (2025). Ethical and regulatory challenges of Generative AI in education: A systematic review. Education and Information Technologies. https:/doi.org/10.1007/s10639-025-12933-2
Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: An analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Information & Libraries Journal, 26(2), 91–108. https:/doi.org/10.1111/j.1471-1842.2009.00848.x
Kohnke, L. (2025). Preparing future educators for AI-enhanced classrooms. Computers & Education: Artificial Intelligence, 8(6), 100314. https:/doi.org/10.1016/j.caeai.2025.100314
National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2024). Artificial intelligence and the future of work. National Academies Press. https:/doi.org/10.17226/27644
Ng, D. T. K., Chan, E. K. C., & Lo, C. K. (2025). Opportunities, challenges and school strategies for integrating generative AI in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 8(6), 100373. https:/doi.org/10.1016/j.caeai.2025.100373
Ren, X., & Wu, M. L. (2025). Examining teaching competencies and challenges while integrating artificial intelligence in higher education. TechTrends, 69(3), 519–538. https:/doi.org/10.1007/s11528-025-01055-3
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https:/doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Torres-Sánchez, P. (2024). Education 4.0 framework for sustainable entrepreneurship: Transdisciplinary approaches and design thinking. Frontiers in Education. https:/doi.org/10.3389/feduc.2024.1392131
Vettori, O., et al. (2025). The race for AI skills as an obstacle course: Institutional barriers in higher education. Scientific AI, 2(1), 100008. https:/doi.org/10.1016/j.sciai.2025.100008
World Economic Forum. (2024). Shaping the future of learning: The role of AI in Education 4.0. World Economic Forum. https:/www3.weforum.org/docs/WEF_Shaping_the_Future_of_Learning_2024.pdf
Yim, I. H. Y., et al. (2025). Artificial intelligence literacy education in primary schools. International Journal of Technology and Design Education. https:/doi.org/10.1007/s10798-025-09979-w






