HUBUNGAN STRES DAN KECEMASAN DENGAN INSOMNIA PADA MAHASISWA REGULER YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNISMUH PALU

  • I Ketut Warja Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Afni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ahmad Yani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Insomnia adalah keadaan dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan tidur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Insomnia adalah gejala yang dialami oleh orang yang mengalami kesulitan kronis untuk tidur, sering terbangun dari tidur, dan tidur singkat atau tidur nonrestoratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres dan kecemasan dengan insomnia pada mahasiswa reguler yang sedang menyusun skripsi di Fakultas kesehatan masyarakat Unismuh Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, yaitu dengan mencari hubungan antara dua variabel atau lebih yaitu variabel independent dan dependen, kemudian kedua variabel diamati dalam waktu yang bersamaan. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukan bahwa stres memiliki hubungan dengan insomnia dengan nilai p value = 0,009, dan kecemasan juga memiliki hubungan dengan insomnia dengan nilai p value = 0,032. Diharapkan kepada praktisi kesehatan untuk lebih mengkaji kejadian insomnia, terutama dalam mengambil kebijakan untuk pengendalian dan penanganan kasus ini.

 

Kata kunci : Stres, Kecemasan, Insomnia

References

Ambarwati. Gambaran tingkat stres mahasiswa, Jurnal keperawatan jiwa, 2017 Vol. 5 no. 1.

Lubis & Nurlaila. Mengapa tingkat stres pelajar makin tinggi, Jurnal psikologi, 2010 volume 2, nomor 3.

Mayoral, L. Exam stres, depression, social support and sleep diturbance. ProQuest Disertations & Theses (PQDT), 2006

Legiran.Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 2015 Volume 2, Nomor 2

Diarti. Hubungan Antara Penggunaan Internet dengan Gangguan Pola Tidur Pada Mahasiswa PSIK Unitri Malang, Nursing News, 2017 Volume 2, Nomor 3.

Kasmonah.. Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Reguler dan Lintas Jalur Dalam Menyelesaikan Skripsi di Universitas Muhammadiyah Semarang. Oktober 21, 2010.

Hardisman. Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan DokterAngkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 2016 Volume 5, nomor 1.

Hadiati. Hubungan antara tingkat stres dengan tingkat insomnia mahasiswa/i angkatan 2012/2013 program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas diponegoro, Jurnal kedokteran diponegoro, 2017 Volume 6, nomor 22.

Yhuda. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Nursing News, 2017 Volume 2, Nomor 1

Hastuti. 2016. hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa yang menyusun skripsi di stikes muhammadiyah klaten, Jurnal kesehatan masyarakat,Vol. 11 no. 22.

Viona. Hubungan Antara Karakteristik Mahasiswa dangan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Pontianak, 2013

Porwoningsih. Pengaruh penulisan skripsi terhadap simtom depresi dan simtom kecemasan pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas muhammadiyah sumatera utara angkatan 2014, Jurnal Ibnu sina biomedika, 2018 Volume 22, nomor 1.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>