Studi Peningkatan Kualtas Pelayanan Kesehatan: Literature Review
Health Care Quality Improvement Study: Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Sebagai tindak lanjut dari amanat Undang-undang Dasar tahun 1945 bahwa negara berkewajiban untuk mengayomi dan melayani seluruh penduduk warga negara Indonesia. Terciptanya pelayanan yang baik dan berkualitas akan dirasakan kepuasan nya oleh pengguna layanan sendiri yaitu konsumen atau pelanggan (customer). Kualitas pelayanan sendiri dirasakan sejak dari terpenuhinya kebutuhan saat adanya persepsi atau penilaian konsumen/pelanggan.
Tujuan: Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mengidentifikasi penelitian terkait strategi peningkatan kualitas pelayanan khususnya dalam bidang kesehatan.
Metode: Review artikel dilakukan dengan menggunakan Systematic literature review. Systematic literature review yang berasal dari artikel 5 tahun terakhir Ekstraksi data dilakukan dengan menggunakan Prisma Flowchart (gambar 1).
Hasil: Berdasarkan hasil literatur review ditemukan bahwa strategi peningkatan kualitas pelayanan khususnya dalam bidang kesehatan terdapat beberapa teori yang dapat digunakan dalam peningkatan kualitas pelayanan.
References
Pereira, M. A., Marques, R. C., & Ferreira, D. C. (2021). An incentive-based framework for analyzing the alignment of institutional interventions in the public primary healthcare sector: The portuguese case. Healthcare (Switzerland), 9(7). https://doi.org/10.3390/healthcare9070904
Yermukhanova, L., Buribayeva, Z., Abdikadirova, I., Tursynbekova, A., & Kurganbekova, M. (2022). SWOT Analysis and Expert Assessment of the Effectiveness of the Introduction of Healthcare Information Systems in Polyclinics in Aktobe, Kazakhstan. Journal of Preventive Medicine and Public Health, 55(6), 539–548. https://doi.org/10.3961/jpmph.22.360
Terzic-Supic, Z., Bjegovic-Mikanovic, V., Vukovic, D., Santric-Milicevic, M., Marinkovic, J., Vasic, V., & Laaser, U. (2015). Training hospital managers for strategic planning and management: A prospective study. BMC Medical Education, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12909-015-0310-9
Kirana, G. R. (2022). Perencanaan Strategis Berdasarkan Analisis SWOT Puskesmas
Ngletih Kediri. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 8(2), 343. https://doi.org/10.29241/jmk.v8i2.107
Kosasih, K., & Paramarta, V. (2020). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Soshum Insentif, 67–76. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.22
Kosasih, K., & Paramarta, V. (2020). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Soshum Insentif, 67–76. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.223
Meirawaty, G., & Yudianto, K. (2019). Field Experience : Manajemen Strategis pada Proses Manajemen Keperawatan. Media Karya Kesehatan, 2(2). https://doi.org/10.24198/mkk.v2i2.22765
Isnani Parinduri, A., Hayanti Br Panjaitan, D., Irmayani, I., Kasim, F., Febriana Siregar, A., & Nauli, M. (2023). Peran Petugas Kesehatan dalam Menyongsong Era 5.0 untuk Profesionalisme Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Puskesmas. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 316–320. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.638
Yulian, R., & . Y. (2017). Optimalisasi Pelayanan (Service) Puskesmas Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), 850. Https://Doi.Org/10.29406/Jmm.V13i2.760
(Yunike et al. 2023)Ariyanti, Fajar, and Septia Putri Arofi. 2021. “Studi Mutu (ServQual) Dan Kepuasan Pasien Berdasarkan Akreditasi Puskesmas.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 10(03): 180–90.
Ayubi, Dian. 2009. “Penilaian Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Model Donabedian: Studi Kasus Puskesmas Di Kota Depok.” Kesmas: National Public Health Journal 4(1): 24.
Yunike, Yunike et al. 2023. “Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 12(1): 183–89.
(Ariyanti and Arofi 2021)Ariyanti, Fajar, and Septia Putri Arofi. 2021. “Studi Mutu (ServQual) Dan Kepuasan Pasien Berdasarkan Akreditasi Puskesmas.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 10(03): 180–90.
Budi Setyawan, F. E. (2017). Analisis Penerapan Pelayanan Kesehatan Dengan Pendekatan Dokter Keluarga Pada Masyarakat Daerah Aliran Sunga Brantas Di Kota Malang Berdasarkan Swot Analisis. Saintika Medika, 13(2), 69. https://doi.org/10.22219/sm.v13i2.5555