HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN APD PADAPEKERJA KASUR DI DESA DALAKA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA.

  • Nurzaidah Nurzaidah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Miswan Miswan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mohamad Andri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Alat Pelindung Diri adalah alat-alat yang dipakai untuk melindungi perorangan dari bahaya yang ditimbulkan oleh pekerjaan yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Hubungan Pengetahuan dan sikap dengan Penggunaan APD Pada Pekerja Kasur  di Desa Dalaka Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.Penelitiansurvei analitik dengan pendekatan cross sectional study digunakan untuk mengukur  variabel independen dan dependen secara bersamaan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap pada pekerja kasur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik (simple random sampling) yang berjumlah 68 responden.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan denganpenggunaan APD dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α= 0,05 dan ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan penggunaan APDdengan nilai Ï value = 0,000 nilaiα= 0,05.Penelitian ini menyarankan kepada instansi agar lebih meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Pengetahuan dan Sikap Pekerja Kasur Dengan Penggunaan APD.

References

Anizar, 2012. TeknikKeselamatandanKesehatanKerjaIndustri,GrahaIlmu, Yogyakarta.

Azwar, 2016. Pengetahuan Dan Sikap Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

JaminanKesehatanNasional. 2017. Data Kasus, http://www.Republika. co.id. diaskes 20 Desember 2018

Keceakaan Kerja. 2012. Pusat Data Informasi Kementrian Kesehatan RI diakses tanggal 20 januari 2019. www. Kecelakaan kerja.com.

Nunik, 2009. Pemakaian Alat Pelindung Diri Dalam Memberikan PerlindunganBagi Tenaga Kerja di Instansi Rawat Inap RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta: FKUSM.

Nenitriana, 2015.StudiPengetahuandansikapPemulungTerhadapPenggunaanAlatPelindungDiri(APD) PadaTempatPembuanganSampah. Kel. Kawatuna, KaryaTulisIlmiah. AkademikKeslingPalu.

Notoatmodjo S, 2010.Pengetahuan dan SikapKesehatan,Rineka Cipta,Jakarta

Reny dkk, 2014. Pengaruh Sosialisasi SOP APD dengan Perilaku Perawat Dalam Penggunaan APD di RSUD.Dr. H.Soewondo STIKES Tolongotejo: Semarang.

Widodo, 2015. Pelatihan (in- House Training) KeselamatandanKesehatanKerja (K3) RumahSakit, RumahSakitUmum Daerah UndataPalu: Palu.

VondraAnggi, 2015. Hubungan Antara Pengetahuan Dan SikapDenganPenggunaanAlatpelindungDiri (APD) PadaPekerja Di Unit KerjaProduksiPengecoranLogam.UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Kusuma RY, 2013. Hubungan Antara Pengetahuan,Sikap, danKenyamanandenganPenggunaanAlatPelindungWajahPadaPekerja Las ListrikKawasanSimongan Semarang.UniversitasNegeri Semarang.

umar F. hubungan sanitasi dengan keberadaan tikus dikapal yang masuk pelabuhan soekarno hatta makassar tahun 2016. Universitas Muslim indonesia prodi kesehatan masyarakat; 2016.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat