Humor Dalam Pesan Dakwah
Humor in Preaching Messages
Abstract
Merujuk dari uraian sebelumnya, maka simpulan yang dapat dirumuskan bahwa humor adalah pesan verbal dan nonverbal yang disengaja yang dapat menimbulkan tawa (hiburan) dan bentuk perilaku spontan lainnya yang menunjukkan kesenangan, kegembiraan, dan atau kejutan pada penerimanya. Penggunaan humor dalam dakwah diperbolehkan karena dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan secara fisik, psikologis, maupun sosial dantara dai dan mad’u, mengembalikan focus atau konsentrasi madu pada materi dakwah yang disampaik da’i. Namun terdapat beberapa aturan yang harus dipahamai oleh dai dalam menyelipkan humor dalam dakwahnya. Da’i perlu memperhatikan standar humor dari dua segi yakni etis dan estetis. Etika dakwah yang hendaknya di lakukan oleh para juru dakwah dalam melakukan dakwahnya antara lain: beriman dan bertakwa, ikhlas, sabar dan tabah, ramah, tawadhu, amanah, sopan, jujur, tawakkal. dan tidak menghasut, cerdas, uswah dan qudwah hasanah dan tidak diskriminatif. Etika inilah yang harus dijunjung tinggi oleh muballigh dan menjadikannya sebagai aturan atau prinsip sehingga dapat merumuskan perilaku benar dan salah untuk kemudian diterapkan dan disosialisasikan di tengah-tengah masyarakat.
References
Hilmi, Mustofa. (2018). Humor dalam Pesan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 38(1), 87–110.
Mahdaniar, Fenny & Surya, Alan. (2022). Perumusan Etis Humor dalam Desain Pesan Dakwah. INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 3(2).
Ridwan, Aang. (2010). Humor dalam Tabligh Sisipan yang Sarat Estetika. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(15).
Fadhli, Ahmad. (2024). Dakwah Humoris dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Mendengarkan Tausiah Agama di Kampung Tanah Bara Kec. Gunung Meriah Aceh Singkil. Abdurrauf Journal of Islamic Studies, 2(1), 53–65.
Hariyanto, Bambang. (2024). Analisis Wacana Humor dalam Ceramah Gus Baha’. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).
Wandi. (2020). Penggunaan Humor dalam Dakwah Komunikasi Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 5(1).
Hayati, Nenden Sri; Hakim, Diandi Nur; & Isnaini, Zahrah. (2023). Humor Dakwah KH. Anwar Zahid dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 6(1).
Rehansyah. (2024). Strategi Pengemasan Dakwah melalui Humor dalam Ceramah: Studi Deskriptif pada Ceramah Ustaz Tile. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Abdullah, Asep Abbas; Muhid, Abdul; & Wahyudi, Winarto Eka. (2021). “Humor in Da’wah”: Socio-linguistic Analytic of Kyai Ishaq Latif Da’wah from Pesantren Tebuireng Jombang. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2).
Faqihuddin, Muhammad. (2021). Humor dalam Aktivitas Dakwah (Analisis Isi Video pada Akun YouTube Ustadz Das’ad Latif). Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang.
Utami, Vivid Dyah. (2004). Humor dalam Dakwah Islam: Analisis terhadap Komik Humor Qamaruzzaman Karangan Eka Wardhana. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Anisa & Al Farisi, Mohamad Zaka. (2023). Teori Relevansi dalam Dakwah Humor Sheikh ‘Assim sebagai Alternatif Dakwah Kontemporer: Kritik terhadap Prinsip Kerjasama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2)