Pengembangan Instrumen Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 4 SD Terkait dengan Kehidupan Sehari-Hari
Development of Mathematical Problem Solving Instruments for Grade 4 Elementary School Students Related to Daily Life
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan instrumen pemecahan masalah matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari bagi siswa kelas 4 SD yang berjumlah 21 orang. Pemecahan masalah yang berfokus pada konteks kehidupan nyata ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menuliskan gambaran dan menyusun rencana pemecahan masalah berdasarkan fakta-fakta yang diberikan. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan observasi, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa melalui pemberian lima soal uraian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Selanjutnya, anates dilakukan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi hasil kemampuan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah serta mengaplikasikan konsep matematika berdasarkan fakta yang diberikan. Dengan demikian diharapkan instrumen ini dapat menjadi alat yang berguna dalam pengajaran matematika di tingkat sekolah dasar khususnya siswa kelas 4.
References
Ernesto, J. V., Machado, D. S., & Lellis-Santos, C. (2022). The presidential election of the human body: applying contextual learning to promote connections between the student and the curricular content. Advances in Physiology Education, 46(2), 228–232. doi: https://doi.org/10.1152/advan.002 12.2020
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hikam, N. I. E., dkk. (2021). 30 karya esai matematika dalam kehidupan. Bogor: Guepedia.
Indriani, P., Heleni, S., & Roza, Y. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 105-115. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8114
Nurullita, S. L., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2022). Pengembangan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbasis makanan khas daerah ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 725-734.
Rizky, V. B., & Nasution, A. T. (2024). Model Pembelajaran Etnomatematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 57-70. doi : 10.24952/ejpm.v1i1.11398
Sari, P. I. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa Kelas V SD (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Simangunsong, V. H. (2021). Hubungan filsafat pendidikan dan filsafat matematika dengan pendidikan. Sepren, 3(1), 14-25. doi: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.513.
Suhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Suriyana, L. & Novianti, E. (2021). Penerapan Model STEAM dalam Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 14(2), 89-101.
Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII terhadap Materi Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85-89.