Menyusun Buku Ajar Berkualitas: Pelatihan Praktis untuk Dosen Fakultas Pendidikan
Developing Quality Textbooks: Training Practical Training for Faculty of Education Lecturers
Abstract
PKM sebagai sarana peningkatan softskill dosen fakultas pendidikan Universitas Bumigora bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menghasilkan buku ajar yang berkualitas. Kegiatan pelatihan terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi dan pelaporan. Kegiatan pelatihan penulisan buku ajar dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Menggunakan metode partisipatif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dosen terhadap struktur penulisan buku ajar yang baik. Dengan adanya pelatihan ini, dosen diharapkan mampu menghasilkan buku ajar yang relevan, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum serta karakteristik mahasiswa, sehingga mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
References
Abdillah, F. (2024). Peran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Asih, S. (2021). Strategi dan tantangan belajar mengajar pada abad 21. 1–6.
Darti, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Literasi Digital Melalui Iht Di Sd Negeri 3 Peguyangan. Widyadari: Jurnal Pendidikan. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/download/721/535
Irmawati, F., Oktaviana, I., & Rahayu, L. (2016). Pengembangan bahan ajar pengetahuan lingkungan berbasis web untuk meningkatkan motivasi mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/florea.v3i1.783
Kusumaningsih, S., & Riyono, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Bahan Ajar terhadap Kinerja Dosen. Stability: Journal of Management and Business, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/sta.v2i2.5155
Mardiana, M., Isa, Y., & Ningsih, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 138–148.
Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 71–93. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146–156. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5797
Pertiwi, T. P., Pangestuti, D. D., Febrian, W. D., Nove, A. H., Megavitry, R., & Imanirubiarko, S. (2024). Strategi Pengembangan Kompetensi Dosen Untuk Menanggapi Tantangan Pendidikan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2586–2596. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25779
Qurtubi, A., Rukiyanto, B. A., Rusmayani, N. G. A. L., Hita, I. P. A. D., Nurzaima, N., & Ismaya, R. (2023). Pengembangan Metode Penilaian Kinerja Guru Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3051–3061. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22467
Ramansyah, W. (2013). Pengembangan bahan ajar mata kuliah strategi pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/widyagogik.v1i1.2
Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Wajdi, H. F. (2021). Buku Ajar Perencanaan Pengajaran Panduan Di Perguruan Tinggi. Ahlimedia Book.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 162–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/JG.2017.V3i2.2049
Yusuf, Y. (2024). Pendidikan yang Memerdekakan: Persepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 55–72. https://doi.org/https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.187
Zulfahmi, M. N., Shofiyuddin, M., Subaidi, H., Putri, A. R., & Wiranti, D. A. (2021). Kisi-kisi praktis menulis buku ajar. UNISNU PRESS.