Pendidikan Tinggi untuk Masa Depan Anak yang Lebih Baik: Mengubah Pandangan Orang Tua di Pedesaan

Higher Education for Children’s Better Future: Changing the Views of Rural Parents

  • Reny Refitaningsih Peby Ria Universitas Bumigora
  • Marlina Universitas Bumigora
  • Irhas Universitas Bumigora
Keywords: Pendidikan Tinggi, Anak, Pandangan Orang Tua

Abstract

Perkembangan era revolusi industri 4.0 menuju 5.0 menjadikan pendidikan tinggi memainkan peran penting bagi individu untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan global. Selain itu, pendidikan tinggi juga dijadikan peluang bagi individu untuk meraih masa depan yang lebih. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi orang tua di pedesaan akan pentingnya pendidikan tinggi bagi perkembangan anak mereka. Subjek kegiatan ini adalah orang tua di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan metode Focus Group Discussion. Hasil kegiatan ini adalah memberikan informasi terkait pentingya pendidikan tinggi bagi masa depan anak, memberikan informasi mengenai berbagai jenis beasiswa yang ada di perguruan tinggi, dan memberikan informasi terkait berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa perguruan tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat mengubah pandangan orang tua di pedesaan akan pentingnya pendidikan tinggi bagi anak serta dapat meningkatkan jumlah anak di pedesaan yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

References

Arsanti, Meilan, Ida Zulaeha, Subiyantoro Subiyantoro, and Nas Haryati. 2021. “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 Dalam Pendidikan Di Perguruan Tinggi Untuk Menghadapi Era Society 5.0.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, , 319–24.

Budianto, Ahmad Andry. 2023. “Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi 1(1): 12–19.

Cahyani, Alya, and Siti Masyithoh. 2023. “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan 17(01): 61–72.

Dzirrusydi, Zalmi, Said Nuwrun Thasimmim, Mitrayati, and Noval Alvian Jaya. 2022. “Sosialisasi Tentang Pentingnya Melanjutkan Pendidikan Yang Lebih Tinggi Sebagai Investasi Dalam Pembangunan Suatu Bangsa Di Sekolah Menengah Atas Desa Alai Kecamatan Kundur.” Jurnal Awam 2(1): 9–14.

Fadllilah, Muhamad Rizki, and Sri Mulyeni. 2023. “Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Islam Assalafiyah Cibiuk-Garut.” Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora 1(4): 1–10.

Fricticarani, Ade et al. 2023. “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0.” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI) 4(1): 56–68.

Ismunandar, A. 2022. “Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Agama) 1(1): 47–56. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/7%0Ahttps://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/download/7/7.

Ladaria, Yessi H., Juliana Lumintang, and Cornelius J. Paat. 2020. “Kajian Sosiologi Tentang Tingkat Kesadaran Pendidikan Pada Masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut.” Jurnal Holistik 13(2): 1–15.

Mutiara, Heni, and Rochmawati Rochmawati. 2021. “Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi.” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 21(2): 173–90.

Niswah, Khoirun, and Komarudin Sassi. 2023. “Komparasi Sistem Pendidikan Jepang Dan Indonesia Di Era Kontemporer.” Jurnal Faidatuna 4(4): 84–103.

Paul Tan Istandar. 2022. “Menyelaraskan Pendidikan Akademis Dan Moral Dalam Membangun Masyarakat Berkarakter Unggul.” Jurnal Suara Pengabdian 45 1(1): 71–83.

Rahmayani, Maulina. 2021. “Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan.” SOSAINS: Jurnal Sosial dan Sains 1(9): 1031–38.

Rasid, Firna, Syahrir Ibnu, and Hudan Irsyadi. 2022. “Persepsi Orang Tua Terhadap Nilai Pendidikan Anak Perempuan Pada Masyarakat Desa Sangapati Kecamatan Pulau Makian.” ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Kesejarahan IX(2): 12–19.

Rizki, Alpiq, and Mansur Hidayat Pasaribu. 2021. “Peranan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) Di SMK N 1 Pandak.” Journal Pusdikra 1(1): 14–22.

Setyoko, Joko, and Muhammad Deby Satria. 2021. “Gerakan Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Sosial Di Kabupaten Bungo.” Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah 2(1): 12–24.

Sudarmono, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar Us. 2021. “Pembiayaan Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(1): 266–80.

Syahyadi, Rizal. 2020. “Sinergitas Pendidikan Vokasi, Pemerintah Dan Dunia Usaha-Dunia Industri Dalam Menyongsong Merdeka Belajar.” In Prosiding Seminar Nasional, , 53–56.

Published
2024-04-18
Section
Artikel Pengabdian