Penerapan Hukum Anti Monopoli Dalam Menjaga Persaingan Usaha Yang Sehat
Implementation of Anti-Monopoly Law in Maintaining Healthy Business Competition
Abstract
Digitalisasi dan platform online telah mengubah landscape ekonomi global, membuka peluang baru namun juga menimbulkan tantangan bagi hukum anti monopoli. Perusahaan teknologi besar yang menguasai platform digital dapat menciptakan dominasi pasar melalui kontrol data dan algoritma, yang dapat mengurangi persaingan dan merugikan konsumen. Penelitian ini mengkaji dampak digitalisasi terhadap penerapan hukum anti monopoli, dengan fokus pada bagaimana regulasi saat ini menghadapi tantangan baru yang dibawa oleh ekonomi digital. Penelitian ini menemukan bahwa hukum anti monopoli tradisional belum sepenuhnya mampu menangani kompleksitas model bisnis berbasis data dan teknologi. Dibutuhkan pembaruan regulasi yang lebih responsif, serta pengawasan yang lebih adaptif dan berbasis bukti ilmiah untuk menghadapi dominasi pasar oleh platform digital. Kolaborasi internasional dan peningkatan pemahaman tentang ekosistem digital juga sangat penting untuk memastikan terciptanya pasar yang kompetitif dan sehat di era ekonomi digital.
References
Affardi, C. W. P. (2024). DAMPAK DAN TANTANGAN PENERAPAN PAJAK DIGITAL DI INDONESIA: STUDI KASUS PT. SII dan PT. T. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 875-901.
Almi, A. A. (2023). Green Banking dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha Bank Digital di Indonesia. Journal of Studia Legalia, 4(01), 1-12.
Andani, D. K., & Indarta, D. W. (2023). Pengawasan Hukum Platform E-Commerce Tiktok dan UMKM oleh KPPU Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1999. Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(2), 2393-2408.
Anggraeni, U. B. (2024). Menggali Peran Hukum Persaingan Usaha dalam Mendorong Inovasi dan Efisiensi Ekonomi. Rechtsvacuum: Journal of Legal Studies, 1(1), 24-29.
Bourai, S., Yadav, N., & Arora, R. (2023). Winner-Take-All Strategy in Digital Platform Market: A Theoretical Exposition. In Handbook of Evidence Based Management Practices in Business (pp. 573-584). Routledge.
Habib, M. A. F., Ramadhani, M., Fatkhullah, M., Diniati, B. T. A., & Istiqoma, I. (2024). Strategi Digital Marketing atas Produk dan Layanan yang Ditawarkan dalam Bisnis Prostitusi Online. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 26(1), 53-78.
Hutahaean, R. M., & Utama, A. N. (2024). ANALISIS MENGENAI DAMPAK REVOLUSI 4.0 TERHADAP REGULASI PERUSAHAAN TANTANGAN DAN PELUANG DALAM SEKTOR HUKUM DAN BISNIS. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 8(2), 101-110.
Jayusman, D., & Setianingrum, R. B. (2023). Problematika Perusahaan Grup: Bentuk Dan Potensi Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Media of Law and Sharia, 4(2), 130-152.
Jumiono, A., Khaira, N., & Barinta, D. D. (2024). Buku Pengantar Bisnis: Teori Komprehensif Dunia Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) Republik Indonesia. (2021). Dua Dekade Penegakan Hukum Persaingan: Perdebatan dan Isu yang Belum Terselesaikan. Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha.
Muntaha, S. (2024). Diperdaya Algoritma Mesin Pencari: Kerentanan Mitra Bisnis Ekonomi Berbagi pada Media Daring di Indonesia. Kemitraan Semu dalam Ekonomi Gig di Indonesia, 93-114.
Paddu, A. H. (2024). Peta Arah Desentralisasi Fiskal Di Indonesia Outlook Ekonomi dan Ketimpangan Wilayah Indonesia. Ekonomi Indonesia Kini dan Esok, 23.
Purba, S. E. H. (2024). PENERAPAN HUKUM ANTIMONOPOLI UNTUK MENGATASI MASALAH PERSAINGAN YANG TIDAK SEHAT DALAM EKONOMI DIGITAL. Jurnal Darma Agung, 32(2), 1081-1087.
Rahmadani, N., Wirangga, R., Zarna, A. D., & Sanjaya, V. F. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI GEPREK ABU AHDA. Journal for Management Student (JFMS), 3(2), 9-25.
Rahmadani, R. (2022). PENGUASAAN PASAR OLEH DISTRIBUTOR LAMPU HANNOCHS DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTIK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, 1(2), 43-50.
Rizal, R., Natzir, A. W., Sukmawati, S., & Anwar, D. R. (2024). Pengaruh Etika Pengelolaan Dan Persaingan Dalam Bisnis Online Shop. YUME: Journal of Management, 7(1), 720-728.
Siregar, R. T., Rahmadana, M. F., Nainggolan, P., Basmar, E., & Siagian, V. (2021). Ekonomi industri.
Zahra, R. Z. S. A. (2020). Hambatan Masuk Pasar Produk Air Minum Dalam Kemasan Oleh PT. Tirta Investama Terhadap Produk Le Minerale Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Doctoral dissertation, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN).
Zuimaroh, A., Utari, Y. D., Putri, R. S., & Mawati, W. A. (2024). PENERAPAN PRINSIP PRINSIP HUKUM DAGANG TERHADAP PRAKTIK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 4(1), 88-98.