Analisis Kesesuaian Anggota BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan Indikator Kemiskinan di Kota Medan
Analysis of Compatibility of Bpjs Members Recipienting Contribution Aid (PBI) With Poverty Indicators In Medan City
Abstract
Kesehatan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap manusia. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu program pemerintah yang diselenggarakan secara nasional bertujuan memberikan pemeliharaan dan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh peserta dan anggota keluarganya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian penerima PBI BPJS di Kota Medan dengan indikator kemiskinan yang telah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian berbasis literature review, yang dimana literature review berisi uraian mengenai teori. Temuan utama menunjukkan bahwa meskipun program PBI BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin, terdapat sejumlah tantangan dalam memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran. Beberapa masalah yang diidentifikasi meliputi validasi dan pemutakhiran data penerima, penerapan indikator kemiskinan yang konsisten, serta kesalahan inklusi dan eksklusi dalam penentuan penerima manfaat. Studi juga mengungkap bahwa penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses verifikasi data penerima, sementara pelibatan komunitas lokal dalam proses verifikasi dapat meningkatkan transparansi dan akurasi data.
References
Adzy, L. B., Pambudi, A., Sukabumi, U. M., Bantuan, P., Jaminan, I., & Sukabumi, S. K. (2023). Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima. 6(1), 1–10.
Agustin, A., Desriyani, E., Limbong, M. I. P., Ginting, N. A. R., Sirai, S. I., Chaniago, T., & Agustina, D. (2023). Analisis Implementasi Pelayanan Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2679
Aisharya, I. Y., & Idajati, H. (2017). Penentuan Variabel yang Berpengaruh dalam Penyediaan Air Bersih dengan Konsep Corporate Social Responsibility di Kabupaten Lamongan. Jurnal Teknik ITS, 6(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.25007
Andreanto, D. D., & Handayani, A. N. (2022). Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 220–223. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p220-223
Anggriana, E. (2017). Implementasi Model Komunikasi “Shannon And Weaver” Melalui Penyebaran Informasi Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS-PBI) Di Kabupaten Donggala. Social Humanity:Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 38–45.
Anzward, B., & Muslaini, M. (2019). Prinsip Keadilan Dalam Pemenuhan Hak Pasien Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal De Facto, 5(2), 232–254.
Apri Amalia, Purba, I. G., & Sipahutar, E. S. (2019). Tanggung Jawab Pemerintah Terkait Penonaktifan Peserta PBI Terhadap Kebijakan Surat Keputusan Kementerian Sosial No. 70 Tahun 2019 Tahap Ke Enam. Jurnal Hukum Kaidah, 23(1), 55.
Apri Amalia, Sahbudi, & Ivan Duna Husada. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Perubahan Data Fakir Miskin Peserta Pbi Yang Dinonaktifkan Menjadi Peserta Non Pbi (Studi Dinas Sosial Kota Medan). Reformasi Hukum, 25(1), 1–20. https://doi.org/10.46257/jrh.v25i1.162
Ardian, M., & Purba, A. M. (2021). Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Kota Medan Dalam Perspektif Ekonomi Politik. Perspektif, 10(2), 543–554. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4780
Arofah, A. N., Noor, V. M. M., Setyawan, F. E. B., & Shihab, D. A. S. (2022). Dampak Akibat Implementasi Program JKN Terhadap Biaya Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.37148/comphijournal.v3i2.104
Arti, K. A. (2024). PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI MATA PENERIMA MANFAAT DI KABUPATEN PURBALINGGA. 62–72.
Attamami, N., Triayudi, A., & Aldisa, R. T. (2023). Analisis Performa Algoritma Klasifikasi Naive Bayes dan C4.5 untuk Prediksi Penerima Bantuan Jaminan Kesehatan. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(2), 262–269. https://doi.org/10.35870/jtik.v7i2.756
Azahra, I. T., Ningrum, D., & Dolifah, D. (2023). Hubungan Pengetahuan dengan Kepemilikan dalam Pemanfaatan BPJS Kesehaan pada Ibu Balita Stunting. Jurnal Kesehatan Masyarakat (PREPOTIF), 7(1), 916–925.
Boenjamin, A., & Puspandari, D. A. (2022). Faktor-Faktor Penggunaan Out-of-Pocket Pada Peserta Bpjs Pbi Di Klinik “Asih Sasama.” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 25(01), 1–7. https://doi.org/10.22146/jmpk.v25i01.4209
Dalimunthe, M., & Nasution, Z. (2020). Puskesmas Teladan Kecamatan. 17(1).
Damayanti, H. R. (2018). Permasalahan Pencemaran dan Penyediaan Air Bersih di Perkotaan dan Pedesaan. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, December, 9–29. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/850/
Desriyani, E., Limbong, M. I. P., Ginting, N. A. R., & Gurning, F. P. (2022). Implementasi Pelaksaan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Miskin Di Puskesmas Bromo Kecamatan Medan Denai. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(8), 1263–1272.
Djafar, I., Irwan, & Amalia, L. (2023). Persepsi Pasien Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) terhadap Kepuasan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Toto Utara. Journal Health &Science: Gorontalo …, 315–327. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/article/view/20596
Ekasari, E., & Gultom, M. H. (2001). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP BAYI YANG BELUM TERDAFTAR SEBAGAI PENGGUNA LAYANAN BPJS KESEHATAN DI KOTA MEDAN.
Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37
Fajrini, F., A, N. L., Herdiansyah, D., & ... (2021). Studi Ketidakpatuhan Membayar Iuran BPJS Kesehatan Peserta Non PBI Bukan Penerima Upah di Kelurahan Cempaka Putih Tahun 2018. … Public Health Journal. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5258
Gunawan, S. F., Putri, R., & Novita, A. (2023). Hubungan Keterjangkauan Lokasi Faskes, Persepsi Pasien Dan Sumber Informasi Terhadap Penggunaan Bpjs Kesehatan Untuk Ibu Bersalin Di Wilayah Puskesmas Wanaraja Kabupaten Garut Tahun 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4810–4823. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1816
Gupta, R. (2013). Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). In CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract
Hakim, F. A., & Suryawati, C. (2019). Analisis Hubungan KarakteristiK Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Darul Istiqomah Kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 157–162. https://doi.org/10.14710/jmki.7.3.2019.157-162
Hanna, C., & Fitriani, A. D. (2022). Effect of Service Quality on Satisfaction of Inpatient Bpjs Health Participants Non Pbi in Medan Methodist Hospital. Science Midwifery Journal, 10(2), 1098–1110. https://www.midwifery.iocspublisher.org/index.php/midwifery/article/view/465
Hepat, D. R., & Rachman, E. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENDATAAN PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) BPJS KESEHATAN DIKELURAHAN HELEDULULAA UTARA KECAMATAN KOTA TIMUR KOTA GORONTALO. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, V(2), 87–96.
Hepat, D. R., & Rachman, E. (2020). Faktor-Faktor Penghambat Pendataan Penerima Bantuan Iuran (Pbi) Bpjs Kesehatan Dikelurahan Heledululaa Utara Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 5(2), 87–96. https://doi.org/10.37606/publik.v5i2.28
Hidayatullah, A., & Gutomo, T. (2017). Aksesibilitas Keluarga Miskin dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial , 41(3), 305–316.
Huraerah, A., Martiawan, R., & Mulyana, Y. (2019). Ketidakadilan Bagi Masyarakat Miskin Dalam Aksesibilitas Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Bandung. Jispo, 9(1), 455–469.
Husni Zelika, & Hasim As’ari. (2022). Implementasi Program Penerima Bantuan Iuran (Pbi) Jaminan Kesehatan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 139–146. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.706
Imran, M., Paidi, P., Aryani, K., & Lubis, A. A. (2021). PENGGUNAAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN Universitas Tanri Abeng , Jakarta-Indonesia Universitas Tanri Abeng , Jakarta-Indonesia Universitas Tanri Abeng , Jakarta-Indonesia. The Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 88–85. https://doi.org/10.36441/thesource.v3i2.678
Jamani, C., Budiati, E., & Irianto, S. E. (2022). Implementasi Kebijakan Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Kabupaten Lampung Tengah. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.57250/ajsh.v2i2.84
Johansah, F., & Efda, A. D. (2023). Ai Dan Pelayanan Publik: Penggunaan Komunikasi Digital Dalam Penerapan Data Ketersediaan Darah Di Rs Usu Medan. Technologia?: Jurnal Ilmiah, 14(1), 14. https://doi.org/10.31602/tji.v14i1.8119
Julietti, S. A. (2024). EVALUASI PROGRAM JKN TENTANG KEPESERTAAN PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Kesehatan Dan Fisioterapi, 4(1), 46–53.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Panduan Layanan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kemenkes 2022, 3, 1–111. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/4bd28c6ea8f022040f6eb93cfcd6e723.pdf
Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Sosial Tahun 2020-2024. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Issue 3, pp. 1–194).
Kesehatan, M. (2014). Pedoman Pelaksanaan program JKN. Implementation Science, 39(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://
Kurniawati, H., Irmayanti, M., & Saragih, R. B. (2017). Strategi Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan Bengkulu di Kelurahan Malabero. 9(1), 19–45.
Laksmi Jaya, D., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan Kesehatan (Literature Review). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1), 162–168. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/6668
Luh, N., Wayan, I., & Putu, N. (2022). Indonesian Journal of Health Research. Journal of Health Research, 5(1), 38–43.
Maharani, A., & Lubis, S. (2023). Kebijakan walikota Medan dalam penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai alat pelayanan kesehatan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 315. https://doi.org/10.29210/1202322805
Mahendra, A. A., Suranti, D., & Fredricka, J. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima BPJS-PBI Pada Dinas Sosial Kota Bengkulu Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN). Jurnal Media Infotama, 19(2), 391–400. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4290
Masroni, Syarifah Putri Agustini Alkadri, & Rachmat Wahid Saleh Insani. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Menggunakan Metode ROC dan SMART. Jurnal Fasilkom, 13(3), 496–503. https://doi.org/10.37859/jf.v13i3.6271
Mastuti, S., Nurul, F., & Kusumastuti, K. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Pada Pasien Bpjs Pbi Dan Pasien Bpjs Non Pbi Yang Dirawat Di Kelas Iii Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Gombong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(2), 171. https://doi.org/10.26753/jikk.v17i2.660
Mawar, L., & Wahidah. (2018). STUDI ANALISIS SANITASI DAERAH PESISIR BAGAN PERCUT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. UGM Public Health, 2012.
Meita, P. R. R., Zulfendri, & Khadijah, S. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemanfaatan Puskesmas oleh Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten Deli Serdang. Tropical Public Health Journal, 2(2), 60–70. https://doi.org/10.32734/trophico.v2i2.8696
Meman, R. B., Aripa, L., & Kartini. (2021). The Implementation Of Health Services BPJS Kesehatan Registered In The Premium Assistance Program In Mamajang Health Center. Jurnal Promotif Preventif, 4(1), 29–38. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Miranda Miftakhul Jannah, & Rohman, A. Z. F. (2023). Analisis Desain Kelembagaan dalam Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Subsidi Pemerintah Daerah di Kota Malang. Journal of Social and Policy Issues, 4, 207–213. https://doi.org/10.58835/jspi.v3i4.214
Mukharrim, M. S., Abidin, U. W., & Rahmani, F. A. (2021). Hubungan Tingkat Pemahaman dan Partisipasi Masyarakat Dusun Silopo Terhadap Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 781. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2536
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Tematik?: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) Vol. 8 No. 2 Desember 2021. Tematik?: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), 160–175. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/689
Murniati, N., Rimbani, R. M., & Mawaddah, U. (2021). Keberhasilan Program Subsidi Kesehatan Terhadap Alokasi Biaya Kesehatan Keluarga Miskin. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.23969/jrie.v1i1.9
Musdalifah, U., Widiastuti, A., & Sumiyati, S. (2017). Differences Knowledge, Attitude, and Motivation Participants Bpjs Health Mother Post Bid To Choose Contraceptive Mkjp Tools in Banyumas District. Jurnal Kebidanan, 6(13), 12. https://doi.org/10.31983/jkb.v6i13.2865
Mustafidah, N. A., Noor, F. A., Program, M., Administrasi, S., Program, K., Kesehatan, F. I., Kusuma, U., Surakarta, H., Pengampu, D., Studi, P., Administrasi, S., Universitas, K., & Husada, K. (2021). Analisis Importance Performance Analysis yang didapatkan dari Pasien BPJS kepuasan tinggi pada dimensi Reliability dengan Skor Gap -0 . 04 dan Kepuasan rendah pada Responsiveness dengan skor Gap -0 . 15 . Pasien Non BPJS dimensi Tangibles dengan skor gap .
Nasution, W. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Puskesmasmedan Labuhan. Jurnal Administrasi Negara, 2(2), 1–10. https://core.ac.uk/download/pdf/225825906.pdf
Nengsih, Y. G. (2021). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), 51–57. https://doi.org/10.52943/jipiki.v6i1.479
Ngkolu, N. W., Hadawiyah, R., Pratiwi, R. D., Institut, A., Kesehatan, I., & Korespondensi, P. M. (2023). Differences in perception of responsiveness between BPJS and non-BPJS patients Perbedaan persepsi responsiveness pasien BPJS dan non BPJS kesehatan. Community Research of Epidemiology Journal, 4(1). https://doi.org/10.24252/corejournal.v
Nugraheni, A. I., C. Ermayani Putriyanti, & Kurnianto, A. (2023). Tinjauan Literatur: Evaluasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia. Jurnal Kesehatan, 12(2), 368–376. https://doi.org/10.46815/jk.v12i2.184
Nugroho, R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pelayanan Kesehatan Publik: Sebuah Tinjauan Analisis Kebijakan. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(2), 277–285. https://doi.org/10.1093/oed/5785588011
Nurgahayu, & Ulfah, N. (2020). KESESUAIAN ANGGOTA BPJS PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DENGAN INDIKATOR KEMISKINAN DI KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG. Window of Public Health Journal, 1(3), 220–231.
Otniel, E. D. (2023). Kinerja Aparatur Dinas Sosial Dalam Penyaluran Bantuan Melalui Program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (Pbi - Jk) Di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. 1–23.
Pamungkas, G., & Naelul Inayah, N. (2020). Faktor-Faktor Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang behubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Mandala Mekar Kota Bandung. Jurnal Sehat Masada, 14(1), 51–63. https://doi.org/10.38037/jsm.v14i1.125
Pardede, C. S., Chriswardani, S., & Wigati, P. A. (2016). Analisis Perbedaan Persepsi Pasien Peserta Di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/13897/13446
Peraturan Presiden. (2020). Jaminan Kesehatan. Jdih BPK RI, 64, 12. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/136650/perpres-no-64-tahun-2020
Pertiwi, C., & Gurning, F. P. (2023). Implementasi Jaminan Kesehatan Daerah Dalam Mencapai Universal Health Coverage Di Kota Medan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 3492–3503.
Pertiwi, C., Rifdah, A. A., Kartika, P., & Gurning, F. P. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Program JKN di Klinik Adisma Husada Kota Medan. FLORONA?: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.55904/florona.v2i1.589
Prakoso, A. D. (2020). Hubungan antara usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan pekerja. Jurnal of Public Health Inovation, 1(1), 1–12.
Pratiwi, D., Suprayetno, E., Setia, U., Sekolah, I., Ekonomi, T. I., Surabaya, I., & Rangkuty, D. M. (2023). Studi Kajian Tingkat Kemiskinan di Kota Medan. Student Research Journal, 1(4), 142–150. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.502
Putri, N. E. (2014). Efektivitas penerapan jaminan kesehatan nasional melalui BPJS dalam pelayanan kesehatan miskin di Kota Padang. Jurnal Fisip, 10(2), 175–189. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/4421
Putro, F. S., Utami, E., & Hartanto, A. D. (2022). Klasifikasi Neive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization Untuk Prediksi Penerima Bantuan Iuran Bpjs Kesehatan. Indonesian Journal Computer Science, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.31294/ijcs.v1i1.1154
Putro, G., & Barida, I. (2017). Manajemen Peningkatan Kepesertaan dalam Jaminan Kesehatan Nasional pada Kelompok Nelayan Non Penerima Bantuan Iuran (Non PBI). Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 27(1), 17–24. https://doi.org/10.22435/mpk.v27i1.5755.17-24
Qoni’ah, U. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BPJS KESEHATAN PBI MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Rahmadani, Indar, A. J. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Non Pbi. Competitiveness, 10, 83–97.
Rahmawati. (2021). Prediction of the Number of Participants BPJS Recipient of Assistance Budget Using the Fuzzy Time Series Cheng Method. Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 15(2), 373–384.
Rajagukguk, T., & Siregar, S. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Puskesmas (Tipe Perawatan) di Kota Medan Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 205-ISS214N. http://ejournal.lmiimedan.net
Rattu, P., Warouw, H., & Hamel, R. (2015). Perbedaan Kualitas Pelayanan Keperawatan terhadap Pasien Penerima Bantuan Iuran dan Pasien Bukan Penerima Bantuan Iuran. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(1), 106869.
Rezkyqah, F. N., Anraeni, S., & Irawati, I. (2021). Penerapan Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR) Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.754
Ritonga, F., Kinanti, W., Munthe, S., & Gurning Pramita, F. (2024). Analisis Efektivitas Pelayanan Kesehatan Program Bpjs Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. JK: Jurnal Kesehatan, 2(1), 12–20.
Rolia, E., Oktavia, C., Rahayu, S. R., Fansuri, M., & Mufidah, M. (2023). Penyediaan Air Bersih Berbasis Kualitas, Kuantitas Dan Kontinuitas Air. TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi)?: Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 12(2), 155. https://doi.org/10.24127/tp.v12i2.2594
Rolindrawan, D. (2015). The Impact of BPJS Health Implementation for the Poor and Near Poor on the Use of Health Facility. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 550–559. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.073
Rosari, M. (2022). Literatur Review: Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) dan Umum Terkait Pelayanan Kesehatan Rawat Inap. Professional Health Journal, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.54832/phj.v4i1.285
Safarah, A. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL ( JKN ) DI PUSKESMAS PACET KABUPATEN MOJOKERTO Aidii Safarah Eva Hany Fanida Abstrak. 2097–2106.
Silalahi, H. A. D. S., Hutapea, M. I., & Jamaluddin, J. (2023). Digitalisasi Akses Sistem Layanan Terpadu Untuk Anak Stunting Di Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Di Kota Medan Berbasis Mobile. TAMIKA: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.46880/tamika.vol3no1.pp17-23
Silitonga, T. D., Safera Arianti, E., Aguslianti, D., Astari, R., Luthfi, M., Hang, S., & Pekanbaru, T. (2023). Review of Registration Officer Performance In Providing Outpatient BPJS Patient Services In The Hospital Pekanbaru Medical Center (PMC) Tinjauan Kinerja Petugas Pendaftaran Dalam Memberikan Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pekanbaru Medica. Jurnal Kemitraan Masyarakat Indonesi, 1(1), 16–22.
Siregar, A. R. R., & Purba, A. Z. P. (2023). KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI KESEHATAN (TELEHEALTH) UNTUK MENGAKSES LAYANAN KESEHATAN. Jurnal Inovasi Kesehatan Adaptif, 5, 71–85.
Siregar, O. S., Dalimunthe, U. F., Oktaviani, S., Ginting, B., & Gurning, F. P. (2023). Jurnal Kesmas Prima Indonesia Mini Riset?: Analisis BPJS kesehatan penerima bantuan iuran ( PBI ) dengan jumlah kontributor di Sumatera Utara. 7(2).
Siregar, P. A. S., & Marliyah, M. (2022). Analysis of the Criteria for Accepting Contribution Assistance (PBI) for the People of Medan City. Jurnal Ekonomi, Manajemen …, 3(4), 1379–1388. https://www.penerbitadm.com/index.php/JURNALEMAK/article/view/944
Sirinti Pongtambing, Y., & Acantha Manapa Sampetoding, E. (2023). Digital Transformation of Sustainable Health Care in Indonesia. Sij, 6(2), 412–420.
Sitepu, A., Probosiwi, R., & Syrjono, G. (2017). Kinerja Kelompok Usaha Bersama (Kube) dalam Penanganan Fakir Miskin di Wilayah Perkotaan. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 16(2).
Siti Utari, D., Matridi, R. A., Ramadani, A., Dwiniati, D., & Choiroel, D. (2023). Efektivitas Program Bantuan Iuran Masyarakat Miskin Kelurahan Sungai Enam Kecamatan Bintan Timur di BPJS Cabang Kabupaten Bintan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 108–122. https://doi.org/10.56552/jisipol.v5i1.128
Sofiana, M., Wahyuni, R., & Supriyadi, E. (2020). Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Abiwara?: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 93–110. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.797
Suhenda, A. (2021). Kepuasan Pasien BPJS PBI terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD DR. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(1), 72. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i1.304
Suhendrata, T. (2024). Di Kabupaten Purbalingga. 2013, 354–358.
Sutabri, T., Enjelika, D., Mujiranda, S., & Virna, L. (2023). Transformasi Digital di Puskesmas Menuju PelayananKesehatan yang Lebih Efisien dan Berkualitas. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 1705–1716. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Sutandra, L., Studi, P. S., & STIKES Siti Hajar Medan, F. (2019). Analisis Layanan Teknologi Komunikasi Klinik Fisioterapi Siti Hajar Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sistem Informasi, 5341(April 2019), 2579–5341.
Tahir, A., & Harahap, M. I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Banyaknya Permintaan Penurunan Kelas Bpjs Kesehatan Mandiri Ke Kelas Yang Lebih Rendah (Kelas 1 Sampai 3). Surplus: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1, 340–351. http://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/593
Taufiqul, Ricky, Siti, Putri, Humairah, Lestari, Irma, Novi, Regina, & Boy, E. (2017). GAMBARAN PEMANFAATAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (FKTP) PADA PESERTA PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DAN Non-PENERIMA BANTUAN IURAN (Non-PBI) DI PUSKESMAS MEDAN DENAI. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(2), 154–160. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Tawai, A., Afriadi, Z., & Yusuf, M. (2023). Model Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Dinas Kesehatan Kota Kendari. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 275–284.
Utami, P., Asnawi, M., & Firah, A. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Bertha Kota Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 8(2), 30–37. https://doi.org/10.46576/jbc.v8i2.4219
Venosia, D., Suliyanto, Sediono, & Nur Chamidah. (2022). Pemodelan Persentase Kepesertaan BPJS Non Penerima Bantuan Iuran Dengan Pendekatan Regresi Data Panel. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 15(1), 116–126. https://doi.org/10.36456/jstat.vol15.no1.a4863
Wahyuni, S., Siswati, Fannya, P., & Rumana, N. A. (2022). Kepuasan Pasien Bpjs Pbi Terhadap Pelayanan Pendaftaran RawatJalan Di Rsud Koja. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 643–650.
Yumna, Y. (2020). PENENTUAN INDIKATOR KEMISKINAN BERDASARKAN DIMENSI KUALITAS KESEHATAN DAN KUALITAS EKONOMI MENGGUNAKAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA) DI PROVINSI SUMATERA UTARA. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 12(2), 6. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955
Yusriando. (2019). Konstruksi Sistem Jaminan Sosial Nasional Bidang Kesehatan. Bestuur, 7(2), 122–130. https://doi.org/10.20961/bestuur.v7i2.41538
Zulaika, T., Fakultas Kesehatan Masyarakat, D., Chairani, N., Sinaga, R., & Pramita Ginting, F. (2024). Analisis Implementasi Program JKN Pada Peserta Bantuan Iuran (PBI) Atau Masyarakat Miskin Pada Wilayah Indonesia. JK: Jurnal Kesehatan, 2(1), 30–39.