Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Menggunakan Dimensi Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Program JKN Di Puskesmas X

  • anisa lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Dimensi Mutu, JKN, Mutu Pelayanan

Abstract

Layanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien sehingga pasien merasa puas karena semua yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan pasien. Mutu pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan menggunakan dimensi mutu pelayanan, seperti reliability, responsiveness, tangible, assurance, dan empathy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan kesehatan menggunakan dimensi mutu pelayanan dalam meningkatkan kualitas program JKN di Puskesmas Tuntungan Kota Medan. Peneliian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), observasi serta telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Tuntungan Kota Medan, sudah cukup baik, terutama dalam dimensi reliability, responsiveness, tangible, assurance, dan empathy

References

Ansyori, A. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), 557-570.

Korompis, GEC. 2018. Organisasi dan Manajemen Kesehatan. EGC: Jakarta

Maameah, M., Rumayar, A. A., & Mandagi, C. K. (2022). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bailang Kota Manado. Kesmas, 11(4).

Ningsih, N. A., Hasmah, H., & Bhebhe, A. V. (2021). Hubungan mutu pelayanan dengan minat memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan di puskesmas tamalanrea kota makassar. Jurnal Kesmas Jambi, 5(2), 71-80.

Nurmawati, I., & Pramesti, B. A. (2022). Literature Review: Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Ditinjau dari Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Vokasional, 7(4), 213-222.

Pohan, I,S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Purwata, K. D., Wijaksono, M. A., & Alawiyah, T. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Menggunakan Dimensi Mutu Pelayanan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit: Literature Review. In Proceeding of Sari Mulia University Nursing National Seminars (Vol. 2, No. 1, pp. 142-156).

Riyadi, R. (2015). Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat Skripsi. Univ Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Syafrudin et al. 2014. Manajemen Keperawatan: Manajemen mutu pelayanan kesehatan untuk bidan. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis persepsi pasien terhadap mutu pelayanan Puskesmas dan hubungannya dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 31-40.

Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. Kesmas, 7(4).
Published
2024-07-16
Section
Artikel Penelitian