Literature Review: Analisis Dampak Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan
Literature Review: Analyzing The Impact Of The National Health Insurance (JKN) Policy On Access and Quality Of Health Services
Abstract
Program JKN mempunyai dampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Ketika puskesmas memberikan layanan kesehatan yang optimal, ini akan mendorong lebih banyak peserta JKN untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut. Hasilnya, kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan pun meningkat. Kualitas pelayanan kesehatan dalam JKN merupakan aspek penting untuk menjamin pelayanan yang merata, terjangkau, dan berkualitas bagi seluruh warga Indonesia. Ini melibatkan akses yang mudah, komunikasi yang efektif, teknologi medis terkini, dan pengelolaan sumber daya yang efisien. Diperlukan kerja sama untuk mengatasi tantangan dan memastikan JKN berperan efektif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kepuasan peserta JKN serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mereka. Pendekatan yang digunakan adalah Observasional Retrospektif dengan metode Systematic Review yang mengeksplorasi dan menganalisis penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program JKN berhasil meningkatkan akses pelayanan kesehatan secara signifikan bagi masyarakat, masih diperlukan upaya lanjutan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas layanan tersebut, serta untuk mengatasi berbagai kendala yang menghadang dalam pelaksanaannya. Evaluasi berkala dan perbaikan yang berkelanjutan merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa program JKN dapat mencapai tujuan cakupan kesehatan semesta dengan baik.
References
BPJS Kesehatan. (2023). Peluncuran Data Sampel BPJS Kesehatan Tahun 2023. Portal Data JKN. Di akses tanggal 05 Juni 2024. https://data.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-portal/
Elvia Siskha Sari, Aldri Frinaldi, & Lince Magriasti. (2023). Analisis Komparatif Program Jaminan Kesehatan Nasional Dalam MemberikanPelayanan Kesehatan Di Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2385–2391. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5401/http
Firori, F. A., & Wisana, I. D. G. K. (2023). the Effect of Participation in Jkn on Unmet Needs for Healthcare Services. Indonesian Journal of Health Administration, 11(2), 186–195. https://doi.org/10.20473/jaki.v11i2.2023.186-195
Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.31289/strukturasi.v1i1.3
Listiani, R., Pebriyanti, A., Fawwaz, M., & Istanti, N. D. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL?: a Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 645–652.
Mentari, W. D., Gunawan, I., Ropii, A., & Mentari, M. P. (2023). Hubungan persepsi dengan kepuasan pasien JKN terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 243–248. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.978
Muliarini, P., & Wiryani, F. (2021). Person-Centered Maternity Care sebagai Pelayanan yang Bermutu dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Pandecta, 16(1), 68–79.
Nugroho, A. P., Ardani, I., & Effendi, D. E. (2023). Dampak Kebijakan Akreditasi Puskesmas dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan The Effect of Primary Health Centre Accreditation Policy for Improving Healthcare Quality Pendahuluan Angka kematian ibu ( AKI ) yang masih tinggi dan penanganan te. 14(1), 59–82.
Pamungkas, A. L. H., Silvia, S., Afifah, A., & Arlita, T. (2023). Gambaran Tingkat Kepuasan Rawat Inap Peserta JKN Terhadap Kualitas Pelayanan di RSU Islam Harapan Anda. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.53756/jjkn.v3i2.99
Salsabila, T., Ramadini, S., Amanda Sari, D., & Pramita Gurning, F. (2023). Analisis Akses Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Dalam Perspektif Pembiayaan Kesehatan Era Jkn Di Indonesia. JK: Jurnal Kesehatan, 1(6), 902–912.
Setiawan, D., Fauziah, F., Edriani, M., & Gurning, F. P. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12869–12873.
Sinaga, E. S., Ika Rahma Ginting, Kusumaratna, R. K., & Marthias, T. (2021). Evaluasi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia?: JKKI, 10(03), 1–9.
Triayu Nur Afifah, Khoirunnisa Ghefira Yusrani, Rossa Shafira Nur Shabrina, & Novita Dwi Istanti. (2022). Studi Literatur: Analisis Implementasi Kebijakan Program Bpjs Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 113–121. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.792