Studi Literatur : Analisis Manfaat Penilaian Akreditasi Bagi Pasien, Masyarakat Dan Puskesmas

  • Maharani Br Barus Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara
  • Suhayla Azhari Silalahi Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara
  • Syafirda Alifah Lubis Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara
  • Sri Hajijah Purba Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara
Keywords: Akreditasi, Masyarakat, Pasien, Puskesmas

Abstract

Dalam rencana optimalisasi sistem kesehatan terdapat aspek yaitu penyelenggaran fasilitas pelayanan kesehatan wajib terakreditasi untuk membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi termasuk proses kriteria, sarana dan prasarana, tenaga kesehatan, dan obat-obatan. Penulisan ini bertujuan mengkaji manfaat kebijakan akreditasi bagi pasien, masyarakat dan puskesmas. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi sastra. Pencarian referensi dilakukan melalui Google Scholar dengan kata kunci “kebijakan akreditasi, akreditasi puskesmas, masyarakat”. Dalam proses penelusuran data, peneliti mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti peraturan perundang-undangan, buku, skripsi, jurnal, artikel dan situs internet yang berhubungan dengan judul penelitian. Hasil penelusuran literatur menunjukkan bahwa, terdapat manfaat penilaian akreditasi kepuasan pasien, keamanan pasien, keunggulan kompetitif, peningkatan mutu, peningkatan kinerja, juga peningkatan manajemen, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas.

References

Afrianedi, Ridho. 2020. “Dinamika Birokrasi Indonesia Dan Sistem Pengawasan Untuk Mewujudkan Good Governance.” Pengadilan Agama Cilegon 2024: 2. https://www.pa-cilegon.go.id/artikel/248-dinamika-birokrasi-indonesia-dan-sistem-pengawasan-untuk-mewujudkan-good-governance#:~:text=Birokrasi di Indonesia secara organisasi,kecenderungan penyalahgunaan kewenangan oleh birokrat.
Amrullah, and Muhammad Yamin. 2020. “Proses Akreditasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Unit II Kecamatan Sumbawa Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas.” Jurnal Kapita Selekta Administrasi Publik 1(1): 21–34.
Febiana, Melina. 2019. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pasien Laboratorium Di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat).” : 1–8. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6789.
Habsy, Bakhrudin All. 2017. “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling?: Studi Literatur.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa 1(2): 90.
Hanifah, Ayu Putri, Yuli Fitrisia, and Dewi Hajar. 2018. “Sistem Informasi Pelayanan Klinik Berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Annisa Medika 2).” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 2(3): 668–73.
Kemenkes. 2013. “Arah Kebijakan Pelayanan Dasar Dalam JKN.” Kementerian Kesehatan Repubik Indonesia. https://www.mutupelayanankesehatan.net/images/2013/7/Sesi 11.pdf.
Kemenkes, RI. 2015. “PMK No. 46 Ttg Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi.Pdf.Part.” http://www.slideshare.net/adelinahutauruk7/permenkes-no-46-tahun-2015-tentang-akreditasi-puskesmas-klinik-pratama-tempat-praktik-mandiri-dokter-dan-dokter-gigi.
———. 2019. “Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas.” Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas Nomor 65(879): 2004–6.
Kemenkes RI. 2022. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 Tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, Dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.” Kemenkes RI (1207): 1–16.
KMK RI. 2023. “Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer.” Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Osteosarkoma: 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_.
Kotler. 2000. PHILIP KOTLER KOTLER ON MARKETING HOW TO CREATE, WIN, AND DOMINATE MARKETS.
Latifiana, Dwi. 2016. “Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) | - | Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.” Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis: 1–7.
Muliantika, I Kadek Tisna, Agus Wahyudi Salasa Gama, and Ni Putu Yeni Astiti. 2020. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar.” Jurnal Values 1(4, e-ISSN: 2721-6810): 1–23.
Mustamin, Mustamin, Siti Atika Rahm, Rahmad Hidayat, and Rahma Indriani. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa.” JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) 11(1): 93.
Nashar, N. 2017. Kualitas Pelayanan Akan Meningkat Kepercayaan Masyarakat.
Porter, M.E. 1985. Creating and Sustaining Competitive Advantage Competitive Advatage.
Prasetyo, Wijar. 2017. “Jurnal Ners Lentera (Online).” Jurnal Ners Lentera 5(1): 43–55. http://journal.wima.ac.id/index.php/NERS/article/view/1569.
Ridayati, Emanuella et al. 2021. “BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM ADMINISTRASI NEGARA Emanuella.” Jurnal Lex Specialis 2(2012): 2–7.
Shubhan, M H, L B Kagramanto, and U Santoso. 2018. “Rancangan Model Optimalisasi Puskesmas Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pescrta BPJS.” https://repository.unair.ac.id/114938/.
Surahman, and Supardi Sudibyo. 2017. 4 Pusdik SDM Kesehatan ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PKM.
Sureskiati, E, M Putri, K, and M Nurcolis. 2019. “Hubungan Akreditasi Terhadap Kinerja Perawat Dan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Pasundan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Tarrwaka. 2012. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.
Published
2024-07-09
Section
Artikel Review