Analisis Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Johor
Analysis of Availability of Facilities and Quality of Service on Patient Satisfaction at Johor Health Center
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan sangat berhubungan erat dengan kepuasan pasien. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan analisis (harapan dan kenyataan) kualitas pelayanan di puskesmas Johor pada tahun 2024. metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang digunakan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Johor. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara. Informan penelitian ini adalah Kepala penanggung jawab sarana dan prasarana dan Kepala Tata Usaha yang bertugas di UPT Puskesmas Medan Johor serta 2 pasien yang merasakan fasilitas di UPT Puskesmas Medan Johor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas di Puskesmas Johor telah mengalami peningkatan. Upaya untuk memastikan ketersediaan fasilitas dilakukan melalui RUK dan evaluasi rutin berdasarkan keluhan pasien. Meskipun ada beberapa kendala, seperti akses login dan jaringan, secara keseluruhan pelayanan di Puskesmas Johor dinilai cukup memadai oleh pasien. Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas di Puskesmas Johor telah mengalami peningkatan. fasilitas dan pelayanan di puskesmas johor juga sudah baik, seperti fasilitas yang cukup lengkap dan tenaga kesehatan yang ramah.
References
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127
Hartati, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Garuda Pekanbaru. 5, 69–79. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11165
Hasan, M. B., & Amrianti. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Moncongloe. YUME?: Journal of Management, 5(2), 238–253.
Purwanti, S., Prastiwi, S., & Rosdiana, Y. (2017). Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News, 2(2), 688–699. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/514
Radito, T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11753
Rusmiati, Abdullah, R., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Jurnal Mantik, 1(3), 122–131. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1569%0Ahttps://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/download/1569/1097
Yuniasih, I., Nelfianti, F., & Ruswandi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mangunjaya Kabupaten Bekasi. Mabiska Jurnal, 5(1), 69–79. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11165