Kajian Literatur: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mutu Layanan Kesehatan di Rumah Sakit

Literature Review: Factors Affecting the Quality of Health Services in Hospitals

  • Muhammad Nabil Faiz Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
  • Fani Rulianda Ritonga Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
  • Nurul Anjaini Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
  • Ayu Sukma Putri Sembiring Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
  • Nelsih Adelia Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
  • Dewi Agustina Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Sumatera Utara
Keywords: Mutu Layanan Kesehatan, Standar Mutu, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Mutu layanan kesehatan di rumah sakit memegang peranan yang sangat penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk menyajikan berbagai faktor yang mempengaruhi mutu layanan kesehatan di rumah sakit. Dengan memahami faktor-faktor ini, kita dapat melihat bagaimana berbagai elemen, baik yang bersifat internal maupun eksternal, dapat berkontribusi dalam menciptakan layanan yang berkualitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur (literature review) bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mutu layanan kesehatan di rumah sakit peneliti mengakses berbagai sumber akademik yang terpercaya, termasuk jurnal nasional terakreditasi, artikel ilmiah, buku teks, dan laporan penelitian dari database seperti Google Scholar, ResearchGate, Garuda, dan Perpusnas. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu layanan kesehatan mencakup sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur, manajemen rumah sakit, kepuasan pasien, proses pelayanan, serta budaya dan etika profesi. Mutu layanan yang tinggi berkontribusi langsung terhadap peningkatan kepuasan pasien dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan secara komprehensif, baik dari sisi teknis medis maupun dari pendekatan pelayanan berbasis kebutuhan dan karakteristik pasien.

References

Aditama, & Yoga, T. (2016). Manajemen Administrasi Rumah Sakit (Edisi Kedu). Jakarta: Universitas Indonesia.

Agustina, D., Irawan, A. G., & Ginting, S. O. B. (2023). Manajemen Strategis Pelayanan Puskesmas Di Medan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 998–1007.

Iorwena, & Kaja. (2020). STANDAR PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT. Jurnal Kesehatan, 2(1), 6.

Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu dan kepuasan terhadap pasien. Journal of Complementary in Health, 2(1), 63–66. https://doi.org/10.36086/jch.v2i1.1494

Kemenkes. (2018). Kemenkes Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor?: 129/Menkes/SK/11/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Kemenkes Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani, 19(1), 86–107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897

Melliniawati, T., Syari, W., & Chotimah, I. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Bantargebang Tahun 2022. Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6(4), 431–439. https://doi.org/10.32832/pro.v6i4.276

Musfiroh, S. R., Suratman, & Yogopriyatno, J. (2024). MENJEMBATANI KESENJANGAN?: Analisis Efektivitas Pelayanan. Journal of Public Administration, 3(2), 102–116.

Pohan.I.S. (2020). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta:Penerbit EGC.

Prakasa, S. B., Nurhakim, B., & Suhardi, S. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kenari Graha Medika Bogor Jawa Barat. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1220–1235. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1072

Rizki Kamalia, Arifah Devi Fitriani, & Mappeaty Nyorong. (2023). Faktor yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Medik di RSUD Pidie Jaya. Jurnal Medika Nusantara, 1(1), 55–69. https://doi.org/10.59680/medika.v1i1.299

Samsudin. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emosi Pasien terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Pusta Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2 Edisi 3(Mei 2011), 56–83.

Sriyanti, C. (2016). Mutu Layanan Kebidanan & Kebijakan Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Wedy, Z. S., & Desnita, D. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Lkpd Berbasis Elektronik Menggunakan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 6(1), 138–151. https://doi.org/10.31540/sjpif.v6i1.2761

Published
2025-05-20
Section
Article

Most read articles by the same author(s)