Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo

The Relationship between the Quality of Health Services and the Satisfaction of Inpatients at the Telaga Community Health Center, Gorontalo district, Gorontalo province

  • Sylva Flora Ninta Tarigan Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rudolf Simatupang Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia.
Keywords: Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Abstract

Penilaian kualitas pelayanan yang tepat bisa dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek kualitas pelayanan: bukti fisik, termasuk fasilitas fisik yang dimiliki (tangible aset), keandalan (reliability) yang merupakan kemampuan untuk secara akurat dan andal memberikan layanan yang dijanjikan. Ketanggapan (responsiveness) adalah kemauan pegawai dalam pemberian pelayanan, jaminan (assurance) adalah kemampuan pegawai dalam hal pengetahuan dalam pemberian pelayanan, keikhlasan (empathy) adalah perhatian yang diberikan oleh penyedia layanan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Telaga dengan nilai p-value 0,000 <  ? (0,05), yang artinya ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Telaga. Kualitas pelayanan kesehatan pasien rawat inap di Puskesmas Telaga mayoritas dinilai baik (48,8%) oleh pasien. Kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Telaga sebagian besar merasa puas dengan pelayanan yang diberikan (39,3%).

Author Biography

Rudolf Simatupang, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia.

Dosen di jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo.

References

Kemenkes RI. 2013. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Bunyarahma, E.I. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Gigi Di Puskesmas Ibrahim Adjie. Universitas Pasundan Bandung.

Duka, D.M. 2020. Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap dengan Loyalitas di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Universitas Tribhuawana Tunggadewi.

Wardhani, F.K. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien di Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Megananda, T. 2019. Survey Pelayanan Poli Gigi terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Pratama Poltekkes Kemenkes Semarang. Poltekkes Kemenkes Semarang.

Mutiara, I.A., Gusti, T.E. & Yusmanisari, E. 2022. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Di Puskesmas Kabupaten Pasuruan. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 8(1): 40–49.

Engkus, E. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5(2): 99–109.

Aqil, A.D.C. 2020. Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2): 1–6.

Najib, K., Nugroho, H. A., Sholihin, M., Fathonah, R. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal MANISE “Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi, Vol 1 No 1.

Published
2024-05-13
Section
Artikel Penelitian