Elaborasi Khiyar : Dinamika Transaksi Jual Beli Pakaian di Pasar Tradisional Bagor Nganjuk
Khiyar's Elaboration: Dynamics of Clothing Buying and Selling Transactions at the Bagor Nganjuk Traditional Market
Abstract
Penelitian ini mendalami penerapan khiyar, hak memilih, dalam transaksi jual beli pakaian di Pasar Tradisional Bagor Nganjuk, menitikberatkan pada prinsip-prinsip hukum Islam. Khiyar digunakan sebagai mekanisme untuk menghindari potensi penyesalan atau kerugian dalam transaksi, menciptakan landasan yang sesuai dengan nilai-nilai etika Islam. Dengan mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini terlibat dengan 7 penjual sebagai sampel, menggali praktik penerapan khiyar dan menganalisis pandangan Fiqih Muamalah terhadapnya. Tujuan penelitian adalah memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi khiyar dalam transaksi jual beli pakaian di pasar tradisional. Hasil penelitian memberikan wawasan yang kaya tentang aspek praktis dan perspektif hukum Islam, memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperdalam pemahaman keadilan dan etika bisnis Islam di tingkat lokal.
References
Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi (Kajian Islam dan Keberagaman). Rusydiah; Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Dalimunthe, N. (2019). Tinjauan Khiyar Terhadap Pertanggungjawaban Penjual Online Terhadap Barang Yang Cacat. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-undangan, Ekonomi Islam, 11(1), 74–98. https://doi.org/10.32505/jurisprudensi.v11i1.1111
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47. https://doi.org/10.24036/sb.0310
Hakam, A., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2019). Trend Gerakan Keislaman Di Universitas Negeri Jakarta: Tipologi, Metode, Dan Responnya Terhadap Fenomena Keberagamaan Di Indonesia. Reformulating Models of Religiosity in the Era of Industry Revolution 4.0, Icic, 355–364. http://seminars.unj.ac.id/icic/
Hasanah, D., Kosim, M., & Arif, S. (2019). Konsep Khiyar pada Jual Beli Pre Order Online Shop dalam Perspektif Hukum Islam. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 249–259. https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v8i2.426
Hasanah, L. L. N. El. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280.
Hikmah, S. N. (2020). Minimalisme, Studi Kasus 3 Perempuan Karier Bergaya Hidup Minimalis di Kota Makasar. In Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201
Indriyani, Yunus, M., & Hadiyanto, R. (2021). Analisis Akad Jual-beli Kain Gulungan dalam Penggunaan Hak Khiyar Menurut Fikih Muamalah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(2), 68–77. https://doi.org/10.29313/jres.v1i2.398
Jamilah, J., & Firmansyah, F. (2018). Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Penerapan Khiyar Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 49–62. https://doi.org/10.46899/jeps.v6i1.87
Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488
Mulyawan, Al., & Sidharta, I. (2003). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 42–55.
Nurjaman, M. I., Januri, & Nuraeni, N. (2021). Eksistensi Khiyar Dalam Perkembangan Transaksi Jual Beli. Iltizam Journal of Shariah Economics Research, 5(1), 63–72.
Pambekti, G. T. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyar pada Jual Beli On-Line di Indonesia. Jurnal Akses, 12(24), 84–98.
Samsuduha, S., & Ardi, A. (2022). Memahami Konsep Khiyar Sebagai Nilai Etika Bisnis Kontemporer. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 3(1), 01–11. https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v3i1.158
Saprida, S. (2018). Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.32507/mizan.v4i1.177
Sarwat, A. (2018). Jual-beli Akad Salam. Rumah Fiqih Publishing, 11(2), 1–29. http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/361/347
Ulumiyah, I., Gani, A. J. A., & Mindarti, L. I. (2013). Peran Pemerintah Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi Pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 890–899.