Elaborasi Khiyar : Dinamika Transaksi Jual Beli Pakaian di Pasar Tradisional Bagor Nganjuk

Khiyar's Elaboration: Dynamics of Clothing Buying and Selling Transactions at the Bagor Nganjuk Traditional Market

  • Juni Iswanto Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia
  • Agus Tohawi Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia
  • Subekan Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia
  • Bhaswarendra Guntur Hendratri Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia
  • Alfin Yuli Dianto Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia
Keywords: Khiyar, Transaksi Jual Beli, Fiqih Muamalah, Prinsip Hukum Islam, Etika Transaksi

Abstract

Penelitian ini mendalami penerapan khiyar, hak memilih, dalam transaksi jual beli pakaian di Pasar Tradisional Bagor Nganjuk, menitikberatkan pada prinsip-prinsip hukum Islam. Khiyar digunakan sebagai mekanisme untuk menghindari potensi penyesalan atau kerugian dalam transaksi, menciptakan landasan yang sesuai dengan nilai-nilai etika Islam. Dengan mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini terlibat dengan 7 penjual sebagai sampel, menggali praktik penerapan khiyar dan menganalisis pandangan Fiqih Muamalah terhadapnya. Tujuan penelitian adalah memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi khiyar dalam transaksi jual beli pakaian di pasar tradisional. Hasil penelitian memberikan wawasan yang kaya tentang aspek praktis dan perspektif hukum Islam, memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperdalam pemahaman keadilan dan etika bisnis Islam di tingkat lokal.

References

Abror Mhd. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi (Kajian Islam dan Keberagaman). Rusydiah; Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.

Dalimunthe, N. (2019). Tinjauan Khiyar Terhadap Pertanggungjawaban Penjual Online Terhadap Barang Yang Cacat. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-undangan, Ekonomi Islam, 11(1), 74–98. https://doi.org/10.32505/jurisprudensi.v11i1.1111

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Hakam, A., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2019). Trend Gerakan Keislaman Di Universitas Negeri Jakarta: Tipologi, Metode, Dan Responnya Terhadap Fenomena Keberagamaan Di Indonesia. Reformulating Models of Religiosity in the Era of Industry Revolution 4.0, Icic, 355–364. http://seminars.unj.ac.id/icic/

Hasanah, D., Kosim, M., & Arif, S. (2019). Konsep Khiyar pada Jual Beli Pre Order Online Shop dalam Perspektif Hukum Islam. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 249–259. https://doi.org/10.36835/iqtishoduna.v8i2.426

Hasanah, L. L. N. El. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280.

Hikmah, S. N. (2020). Minimalisme, Studi Kasus 3 Perempuan Karier Bergaya Hidup Minimalis di Kota Makasar. In Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Indriyani, Yunus, M., & Hadiyanto, R. (2021). Analisis Akad Jual-beli Kain Gulungan dalam Penggunaan Hak Khiyar Menurut Fikih Muamalah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(2), 68–77. https://doi.org/10.29313/jres.v1i2.398

Jamilah, J., & Firmansyah, F. (2018). Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Penerapan Khiyar Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 49–62. https://doi.org/10.46899/jeps.v6i1.87

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488

Mulyawan, Al., & Sidharta, I. (2003). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 42–55.

Nurjaman, M. I., Januri, & Nuraeni, N. (2021). Eksistensi Khiyar Dalam Perkembangan Transaksi Jual Beli. Iltizam Journal of Shariah Economics Research, 5(1), 63–72.

Pambekti, G. T. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyar pada Jual Beli On-Line di Indonesia. Jurnal Akses, 12(24), 84–98.

Samsuduha, S., & Ardi, A. (2022). Memahami Konsep Khiyar Sebagai Nilai Etika Bisnis Kontemporer. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 3(1), 01–11. https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v3i1.158

Saprida, S. (2018). Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.32507/mizan.v4i1.177

Sarwat, A. (2018). Jual-beli Akad Salam. Rumah Fiqih Publishing, 11(2), 1–29. http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/361/347

Ulumiyah, I., Gani, A. J. A., & Mindarti, L. I. (2013). Peran Pemerintah Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi Pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 890–899.

Published
2023-11-25
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)