Pengaruh Fluktuasi Harga Cabai Rawit dan Dampaknya pada Daya Beli Konsumen di Pasar Wage Nganjuk
The Influence of Price Fluctuations of Cayenne Pepper and Its Impact on Consumer Purchasing Power at the Wage Nganjuk Market
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak cepatnya perkembangan bisnis dalam pasar cabai rawit di Pasar Wage Nganjuk, yang diwarnai persaingan ketat akibat variasi harga dan layanan penjual. Pertanyaan penelitian difokuskan pada pengaruh harga cabai rawit (X1) dan layanan penjual (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Tujuannya adalah untuk memahami dampak masing-masing faktor dan interaksi di antara keduanya. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dan wawancara, serta data sekunder melalui dokumentasi. Populasi penelitian mencakup seluruh konsumen di Pasar Wage Nganjuk, dengan 100 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara harga cabai rawit dan keputusan pembelian konsumen serta layanan penjual dan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan antara kombinasi harga cabai rawit dan layanan penjual terhadap keputusan pembelian konsumen. Implikasinya, penjual dan konsumen perlu memahami dinamika pasar ini untuk mengoptimalkan strategi bisnis mereka.
References
Aysa, I. R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47. https://doi.org/10.24036/sb.0310
Firmansyah, A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Nomor Juni). https://www.researchgate.net/publication/342644678
Hakam, A., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2019). Trend Gerakan Keislaman Di Universitas Negeri Jakarta: Tipologi, Metode, Dan Responnya Terhadap Fenomena Keberagamaan Di Indonesia. Reformulating Models of Religiosity in the Era of Industry Revolution 4.0, Icic, 355–364. http://seminars.unj.ac.id/icic/
Hidayatullah, S., Waris, A., Devianti, R. C., Sari, S. R., Wibowo, I. A., & PW, P. M. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Lupiyoadi, R. (2008). Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa. In Modul 1 (hal. 1–39). https://doi.org/10.1177/0300985809357753
Pratiwi, N., Wardhani, N., & Sumarwati, S. (2015). Penerapan Metode Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(2), 54751.
Rahardja, U., Aini, Q., Yusup, M., & Edliyanti, A. (2020). Penerapan Teknologi Blockchain Sebagai Media Pengamanan Proses Transaksi E-Commerce. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 28–32. https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.14893
Saprida, S. (2018). Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.32507/mizan.v4i1.177
Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., Marit, E. L., Killa, M. F., Bonaraja Purba, E., Lifchatullaillah, N., Ferinia, R., & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 53, Nomor 9).
Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70
Yulia, & Fauzi, R. (2018). Sistem Informasi Manajemen. In Diktat Kuliah (hal. 1–88).