Implementasi Manajemen Nutrisi pada Ny.N Kasus Diabetes Melitus dengan Masalah Defisit Nutrisi Di Ruangan Seroja Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Nutrition Management Implementation In Mrs N Case Of Diabetes Mellitus With Nutrition Deficit Problems In Seroja Room Undata General Hospital Central Sulawesi Province

  • Kasmawati S Akademi Keperawatan Justitia
  • Nur Febrianti Akademi Keperawatan Justitia
  • Rabiah Rabiah Akademi Keperawatan Justitia
Keywords: Diabetes Melitus, Defisit Nutrisi, Manajemen Nutrisi

Abstract

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang memiliki 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pada diabetes tipe 1 berasal dari faktor genetik, lingkungan, usia, faktor lain pada diabetes tipe 2 antara lain gaya hidup dan obesitas. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain studi kasus deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah pasien diabetes melitus yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah, sampel adalah pasien dengan masalah defisit nutrisi pada kasus diabetes melitus di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Hasil penelitian dari pengkajian yang dilakukan pada Ny.N ditemukan data subjektif, Ny.N mengatakan  sesak nafas ± 10 hari sebelum masuk rumah sakit, nyeri dada, batuk berdahak, rasa lelah, mual dan muntah. Saat dilakukan pengkajian pemeriksaan tanda-tanda vital didapatkan hasil TD : 160/90 mmHg, N : 88 x/menit, S : 37oC, RR : 22 x/menit, Ny.N tampak pucat, mukosa bibir kering, IMT dari Ny.N yaitu 18 kategori kurus. Setelah dilakukan tindakan keperawatan manajemen nutrisi pada implementasi H-1 didapatkan hasil Ny.N tidak memiliki alergi pada makanan maupun minuman, BB 57 kg, Ny.N tidak menghabiskan makanan karena tidak nafsu makan, pada implementasi H-2 didapatkan hasil Ny,N menghabiskan makanan hanya setengah piring saja, pada implementasi H-3 didapatkan hasil Ny.N sudah mampu menghabiskan makanannya. Evaluasi yang didapatkan yaitu S: Ny.N mengatakan makan 3x sehari dan sudah mulai menghabiskan makanannya, O: Ny.N tampak sudah tidak pucat, A: masalah defisit nutrisi teratasi, P: Hentikan intervensi(pasien rencana pulang). Dari penelitian ini bahwa adanya perubahan status nutrisi membaik, dari implementasi H-1 makanan tidak dihabiskan, nafsu makan menurun, implementasi H-2 makanan dihabiskan hanya setengah piring saja kemudian di implementasi H-3 Ny.N makanan telah dihabiskan.

References

AIPVIKI (2023) ‘Pedoman penulisan karya tulis ilmiah akademi keperawatan justitia’. Palu: Akademi keperawatan Justitia.

Anugerah, A. (2020) Buku Ajar: Diabetes dan Komplikasinya. Bojonegoro: Guepedia.

Dianata, A.P. (2021) ‘implementasi pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien hepatitis dengan masalah defisit nutrisi di ruangan nuri rsud lahat tahun 2021’, karya tulis ilmiah [Preprint].

Dinkes (2021) ‘Profil Kesehatan 2021’. palu.

Febriyanti, D. (2022) ‘implementasi keperawatan manajemen nutrisi pada anak diare dengan masalah defisit nutrisi di rsud siti fatimah palembang tahun 2022’, karya tulis ilmiah [Preprint].

LeMone, P., Burke, M.K. and Bauldoff, G. (2016) Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Lestari, Zulkarnain and Sijid, S.A. (2021) ‘Diabetes Melitus?: Review Etiologi , Patofisiologi , Gejala , Penyebab , Cara Pemeriksaan , Cara Pengobatan dan Cara Pencegahan’, journal uin alauddin [Preprint], (November).

Lukman, Aguscik and Agustini, V.A. (2023) ‘Penerapan Manajemen Nutrisi Pada Asuhan Keperawatan Diabetes Melitus Tipe II Dengan Masalah Keperawatan Defisit Nutrisi’, 8, pp. 26–42.

Malaka, fika H. (2021) ‘Asuhan keperawatan keluarga pada pasien diabetes mellitus dengan masalah keperawatan defisit nutrisi di desa kluwut wonorejo pasuruan’, Karya Tulis Ilmiah [Preprint].

Medik, R. (no date) ‘Data Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah’. palu.

Nurarif, A.H. and Kusuma, H. (2016) Asuhan Keperawatan Praktis. Jogjakarta: Mediaction Publishing.

Nursalam (2020) Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan pendekatan praktis.

P2PTM and Kemenkes RI (2020) ‘Infodatin 2020 Diabetes Melitus’.

PPNI, tim pokja S.D. (2016) standar intervensi keperawatan indonesia. JAKARTA SELATAN: DEWAN PENGURUS PUSAT PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA.

PPNI, T. pokja S.D. (2017) STANDAR DIAGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA.

PPNI, T.P.S.D. (2016) standar diagnosis keperawatan indonesia.

PPNI, T.P.S.D. (2018) STANDAR DIAGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA.

Rahman, A. et al. (2022) Metode penelitian ilmu sosial, widina bhakti persada bandung. bandung: widina bhakti persada bandung.

Siyoto, S. and Sodik, M. ali (2015) dasar metodologi penelitian. yogyakarta: literasi media publishing.

Susanti, E., Shobur, S. and Retno, A. (2021) ‘Manajemen Nutrisi Pasien Diabetes Melitus Tipe II Dengan Masalah Defisit Nutrisi’, JKM?: Jurnal Keperawatan Merdeka, 1. Available at: https://doi.org/10.36086/jkm.v1i2.1007.

Vanoza, D. (2022) ‘KARYA TULIS ILMIAH ASUHAN KEPERAWATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI PADA PASIEN DENGAN GASTRITIS DI RUANG SAFA RUMAH SAKIT HARAPAN DAN DOA (RSHD) KOTA BENGKULU TAHUN 2022 Diajukan’, Braz Dent J., 33(1), pp. 1–12.

Wahyuni, K.I. (2019) Diabetes Mellitus. surabaya: CV.Jakad Media Publishing.

Wahyuningsih, S. (2013) Metode penelitian studi kasus. Madura: UTM PRESS.

WHO (2023) ‘Diabetes’.

Published
2024-02-13
Section
Artikel Penelitian