Analisis Rendahnya Kunjungan Ibu yang Mempunyai Balita ke Posyandu di Kelurahan Pasangkayu Wilayah Kerja Puskesmas Pasangkayu 1 Kabupaten Mamuju Utara

Analysis of the Low Visit of Mothers who Have Toddlers go to Posyandu in Pasangkayu Ward Pasangkayu Puskesmas Work Area 1 Mamuju Utara Regency

  • Sudirman Bagian Promkes, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Handayani Sam Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Moh. Andri Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Sudirman, Moh. Andri, Handayani Sam

Abstract

Rendahnya kunjungan ibu balita ke posyandu merupakan permasalahan mengenai ketidakaktifan ibu balita dalam mengikuti kegiatan program posyandu tujuan ditingkatkan kunjungan bayi/balita ke posyandu agar kegiatan di posyandu bisa terlaksana dengan baik misalnya pemberian imunisasi, pemantauan gizi balita, pemantauan tumbuh kembang balita dan kesehatan secara langsung dengan tujuan utamanya menurunkan angka kematian ibu dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya kunjungan ibu yang mempunyai balita ke posyandu di Kelurahan Pasangkayu Wilayah Kerja Puskesmas Pasangkayu 1 Kabupaten Mamuju Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dari 8 (Delapan) orang yaitu ibu yang mempunyai balita, Bidan, kader posyandu, dan ketua/anggota PKK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga faktor yang mempengaruhi perilaku pada ibu balita dalam kunjungan ke posyandu antara lain faktor predisposisi, faktor pendukung, dan faktor pendorong. Untuk fakor predisposisi ditinjau dari pengetahuan dan sikap ibu sudah baik, faktor pendukung ditinjau dari fasilitas pelayanan kesehatan di posyandu masih kurang misalnya ketersediaan kursi untuk ibu yang datang ke posyandu, keadaan bangunan yang masih standar/dasar,  buku KIA yang tidak ada disediakan di posyandu serta fasiltas lainnya, faktor pendorong ditinjau dari dukungan suami, keluarga dan masyarakat juga masih menjadi penyebab misalnya dukungan suami dan keluarga dari informan merasa takut anaknya untuk disuntik atau diimunisasi. Sehingga peneliti berpendapat perluanya sosialisasi akan pentingnya posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak.

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kurangnya kunjungan ibu balita ke posyandu dikarenakan fasilitas kesehatan di posyandu perlu ada pembenahan serta dukungan suami dan keluarga ibu yang tidak mendukung sebagian informan Ditujukan bagi pihak instansi Puskesmas Pasangkayu I diharapakan agar selalu meningkatkan sosialisasi dalam rangka meningkatkan kunjungan ibu balita ke posyandu guna mendapatkan pelayanan kesehatan agar mencegah terjadinya kematian ibu dan anak.

           

References

Altum, Endang. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Cakupan Penimbangan Balita di Posyandu Kabupaten Aceh Timur Tahun 2015. Tesis. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Depok.

Ambarwati Yeni, 2018. Pengaruh Karakteristik Ibu Balita Terhadap astisipasi Dalam Penimbangan (D/S) di Posyandu Desa Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan.

Azizah, Nur. 2021. Buku Laporan Tahunan Kegiatan Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskemas Pasangkayu 1 Kabupaten Pasangkayu

Farhat Andi, 2019. Perbedaan Keaktifan Kader Dan Faktor Internal Maupun Eksternal Yang Berhubungan Di Wilayah Kerja Puskesmas Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat (D/S) Tinggi Dan Rendah Kota Banjarmasin. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Fitriani, 2019. Hubungan Pendidikan Ibu Dengan Kunjungan Balita Ke Posyandu Di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah, III(2).

Giovani, Lilik. 2019. Hubungan Antara Karakteristik Ibu Balita dengan Kunjungan Balita dalam Kegiatan Posyandu di Kelurahan Genuksari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Hayya, Y. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu yang Mempunyai Balita dalam Menggunakan Posyandu di Desa Cimarias Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Skripsi. Universitas Padjajaran. Bandung.

Hidayati, Nur. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Jannah, M. 2020. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kunjungan Posyandu di Wilayah Binaan Puskesmas Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 2 No. 2. Program Studi Kebidanan Komunitas Universitas Indonesia, Depok.

Kemenkes, 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang Tata Pelaksanaan Kegiatan Posyandu. Jakarta.

Kurnia, N. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balitaa dalam memanfaatkan Pelayanan Gizi Balita di Posyandu Kelurahan Sukasari Kecamatan Tangerang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Vol. 1 No. 2, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Lestari, P. 2019. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kegiatan Program Posyandu (Studi Kasus Di Desa Giritirto Kecamatan Purwosari Gunung Kidul). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Masnadi Y. 2018. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Ketidakhadiran Balita di Posyandu Desa Tambaharjo Kecamatan Pati Kabupaten Dati Ii Pati. Jurnal Kebidanan. Akademik Kebidanan Poltekkes Kabupaten Dati

Obrianto, H. 2018. Partisipasi Masyarakat terhadap Posyandu dalam Upaya Pelayanan Kesehatan balita Studi Kasus pada posyandu Nusa Indah II RW 11 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok Tahun 2018. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Kesehatan Sosial Universitas Indonesia, Depok.

Octaviani, U. 2020. Hubungan Keaktifan Keluarga dalam Kegiatan Posyandu dengan Status Gizi Balita di Desa Rancaekek kulon Kecamatan Rancaekek. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran, Bandung.

Raharjo, 2017. Hubungan Antara Karakteristik Ibu dan Keaktifan Menimbangkan Anak di Posyandu Desa Jendi Kecematan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Semarang.

Razif, 2018. Partisipasi Mayarakat pada Pelayanan Posyandu(pelayanan IImunisasi Balita dan Keluarga Berencana) di Kota Pekan Baru. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Kesehatan Sosial Universitas Riau, Riau.

Sambas, G. 2018. Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Ibu – Ibu Anak Balita ke Posyandu di Kelurahan Bojongherang Kabupaten Cianjur Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarkat Vol. 1 No. 2. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Soeryoto, 2017. Hubungan Faktor Karakteristik Ibu Balita dengan Cakupan Penimbangan Balita di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2017. Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta.

Suwarsini, 2018. Hubungan Karakteristik Ibu Dan Peran Kader Dengan Tingkat Kehadiran Ibu Balita Di Posyandu Desa Pelem Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan. Vol. 2. No. 2.

Widyastuti, Titin. 2018. Buku Dasar-Dasar Pembelajaran Metodologi Penelitian Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Published
2023-11-15
Section
Artikel Penelitian