Pasar Halal Dan Pemajuan Produk Umat Islam Perspektif Teori Deprivasi: Studi Kasus Produk HNI-HPAI

Halal Market and Promotion of Muslim Products from the Perspective of Deprivation Theory: A Case Study of HNI-HPAI Products

  • Hariyanto Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Munir Sajali Harahap Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Keywords: Pasar Halal, Teori Deprivasi, HNI-HPAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pasar halal, pemajuan produk umat Islam dengan kacamata teori deprivasi dengan fokus pada studi kasus HNI-HPAI di Pekanbaru, Riau. Pasar halal dan pemajuan produk umat Islam telah menjadi topik penting dalam konteks global saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori deprivasi untuk memahami motivasi dan keputusan konsumen Muslim dalam mencari produk halal serta memajukan produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dengan konsumen produk HNI-HPAI di Pekanbaru, Riau. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Metode analisis tematik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa produk halal HNI HPAI muncul sebagai alternatif yang memenuhi kebutuhan umat Muslim yang merasa terdeprivasi oleh produk non-Muslim. Dengan memastikan kepatuhan terhadap standar syariah Islam, produk halal ini memberikan kenyamanan dan keyakinan kepada umat Muslim dalam mengonsumsi produk sesuai dengan keyakinnya. Selain itu, persepsi diskriminasi dan ketidakadilan ekonomi juga memicu perasaan terdeprivasi pada masyarakat Muslim. Dalam konteks ini, produk HNI-HPAI dipilih sebagai respons terhadap dominasi produk non-Muslim di pasar internasional. Umat Muslim juga terpengaruh oleh luka sejarah dan konflik dengan keyakinan agama tertentu sehingga membuat umat muslim mencari alternatif produk yang sesuai dengan identitas dan nilai-nilai agamanya.

 

 

References

Amdanata, Donal Devi. 2003. “Perbandingan Perilaku Konsumsi Antara Muslim Dan Non-Muslim : Studi Kasus Arab Saudi Dan Italia.†(May): 1–21.

Annafis, Lulu Al, Ahmad Nawawi, and Favi Aditya Ikhsan. 2022. “Iklan Madu HNI Di Instagram Dalam Pasar Komodifikasi Islam.†Syams: Jurnal Kajian Keislaman 3(1): 75–90.

Ayu, Ipak. 2021. “Gapmmi: Indonesia Produsen Halal Terbesar Di Dunia.†Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210606/257/1401846/gapmmi-indonesia-produsen-halal-terbesar-di-dunia (June 6, 2023).

Charity, May Lim. 2017. “Jaminan Produk Halal Di Indonesia.†Jurnal Legislasi Indonesia 14(1): 99–108.

Fathoni, Muhammad Anwar, and Tasya Syahputri Hadi. 2020. “Potret Industri Halal Indonesia: Peluang Dan Tantangan.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6(3): 428.

Fatturochman. 1998. “Deprivasi Relatif Rasa Keadilan Kondisi Psikologis.†JURNAL PSIKOLOGI 2: 1–15.

“Halal Lifestyle Tren Global Dan Peluang Bisnis.†2021. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/434991/halal-lifestyle-tren-global-dan-peluang-bisnis (June 3, 2023).

Hidranto, Firman. 2021. “Indonesia Berpeluang Memimpin Industri Halal Dunia.†Indonesia.go.id. https://indonesia.go.id/kategori/feature/2794/indonesia-berpeluang-memimpin-industri-halal-dunia (June 5, 2023).

Madjid, Sitti Saleha. 2022. “Analisis Peluang, Tantangan Dan Strategi Industri Halal Di Indonesia (Pada Masa Pandemic Covid-19).†JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 13(1): 17–32.

“Memahami Pasar Halal Di Tingkat Global.†ISEF: Indonesia Sharia economic festival. https://isef.co.id/id/artikel/memahami-pasar-halal-di-tingkat-global/ (June 3, 2023).

Milles, Matthew B, A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: Sage Publications.

Muchsin, Misri A. 2015. “PALESTINA DAN ISRAEL: Sejarah, Konflik Dan Masa Depan.†MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 39(2): 390–406.

Nur, Fatimah. 2021. “Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim.†Likuid 1(1): 4.

“Potensi Dan Pasar Halal Di Indonesia.†2021. GAPMMI. https://gapmmi.id/article/read/7706/potensi-dan-pasar-halal-di-indonesia (June 5, 2023).

Qoniah, Risa. 2022. “Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global.†Halal Research Journal 2(1): 52–63.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Raharjo Jati, Wasisto. 2015. “Islam Populer Sebagai Pencarian Identitas Muslim Kelas Menengah Indonesia.†Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam 5(1): 139.

Rimayanti, and Fitrian Noor. 2020. “Halal Awareness: Peran Ijtihad Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Akan Produk Halal Bagi Muslim Milenial.†Proceeding Antasari International Conference 1(1): 149. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3729.

Rosadi, Andri. 2022. “Deprived Muslims and Salafism: An Ethnographic Study of the Salafi Movement in Pekanbaru, Indonesia †.†Religions 13(10).

Sandi. 2022. “Bukan RI, Negara Non Muslim Kuasai Produk Halal Global.†CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20221210140217-4-395645/bukan-ri-negara-non-muslim-kuasai-produk-halal-global (June 3, 2023).

Sari, Nia Lara. “Ini Manfaat Luar Biasa Yang Bisa Didapat Dengan Memakai Produk Halal.†theAsiaparent. https://id.theasianparent.com/produk-halal (June 5, 2023).

Sarwono, Janathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitaif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

“Semua Tentang Deprivasi Relatif Dan Teori Deprivasi.†2021. Greelane. https://www.greelane.com/id/sains-teknologi-matematika/ilmu-sosial/relative-deprivation-theory-4177591/ (June 4, 2023).

Sitasari, Novendawati Wahyu. 2022. “Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah.†Forum Ilmiah 19(1): 77–84. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif Fan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhadi, Muhammad, and Azis Muslim. 2021. “Islam Dan Produk Halal: Muslimah, Komodifikasi Agama Dan Konsolidasi Identitas Keagamaan Di Indonesia.†Profetika: Jurnal Studi Islam 23(1): 164–76.

Syarif, Fazlurrahman. 2019. “Pertumbuhan Dan Keberlanjutan Konsep Halal Economy Di Era Moderasi Beragama.†Jurnal Bimas Islam 12(1): 93–122.

Warto, and Zaina LArif. 2020. “Halal Product Business Between Opportunities and Challenges , Problematics and Their Solutions.†Al-ulum 20(1): 274–94.

Wibowo, Anshar Dwi et al. 2020. “Industri Halal Untuk Semua.†Tim Publikasi Katadata. https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/analisisdata/5ea3a73811d32/industri-halal-untuk-semua (June 5, 2023).

Wilson, Jonathan A.J. et al. 2013. “Crescent Marketing, Muslim Geographies and Brand Islam: Reflections from the JIMA Senior Advisory Board.†Journal of Islamic Marketing 4(1): 22–50.

Published
2023-06-14
Section
Artikel Penelitian