Penerapan Metode Cerita pada Mata Pelajaran PAI dalam Menanamkan Akhlak Peserta Didik di SDN Inpres Kasoloang Kabupaten Mamuju Utara

The Application of the Story Method to PAI Subjects in Instilling the Morals of Students at SDN Inpres Kasoloang, North Mamuju Regency

  • Popi Yani Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
  • Abdul Mufarik A. Marhum Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu, Indonesia
Keywords: Manajemen, Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan metode cerita pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan akhlak peserta didik di SDN Inpres Kasoloang Kabupaten Mamuju Utara, dan untuk mengetahui implikasi Penerapan metode cerita pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan akhlak peserta didik di SDN Inpres Kasoloang Kabupaten Mamuju Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan tahap–tahap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Penerapan metode cerita pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan akhlak peserta didik di SDN Inpres Kasoloang Kabupaten Mamuju Utara adalah: Cerita yang baik dan sesuai dengan Islam dapat menanamkan akhlak peserta didik, Penerapkan metode bercerita dalam menanamkan pendidikan karakter, dan Penerapan metode cerita dapat mematangkan perilaku anak. Implikasi Penerapan metode cerita pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan akhlak peserta didik di SDN Inpres Kasoloang Kabupaten Mamuju Utara adalah moral peserta didik dapat terbina dengan adanya penerapan metode cerita bernuansa islami, Peserta didik dapat memahami cerita bernuansa islami dan dapat mengambil hikmah dari cerita tersebut, Dengan cerita bernuansa islami, peserta didik dapat mencontoh akhlak Rasulullah saw., perkembangan moral peserta didik terhadap orang tua, terhadap guru, dan terhadap teman sebaya pada sesama teman sebaya telah terbina secara bertahap semakin menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan.

References

Irawan, Samsul. Implementasi Metode Bercerita dalam Menanamkan Akhlak Mulia bagi Peserta Didik. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6137/1/SAMSUL%20IRAWAN.pdf. Diakses tanggal 16 Februari 2021
Nawawi. Penelitian Studi Kasus Kualitataif. (Cet. III, Intan Pustaka, Jakarta: 2016), h. 8.
Soemanto, Wasty, Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Cet. 1, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016), h. 14-15.
Maleong.Lexy J. 2016.PenelitianKualitataif. (Cet. III, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), h. 7.
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian