Pengaruh Orientasi Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah

The Effect of Work Orientation and Work Motivation on Employee Performance at the District Transportation Office Central Tapanuli

  • Mohd. Syawal Prayogi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Rosmita Ambarita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Heriyawan Hutagalung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
Keywords: Orientasi Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh orientasi kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah, yang beralamat Jln. Jendral Feisal Tanjung (Terminal terpadu pandan) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sampai dengan bulan September 2022.Jenis penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk penelitian ini populasi 45 orang dan sampel 45 orang. Populasi diambil dari seluruh pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah. Hipotesis yang penulis ajukan pada penelitian ini adalah Ada Pengaruh Orientasi kerja dan motivasi kerja terhadap Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menguraikan dan memberikan penjelasan tentang pengaruh antara variabel X1,X2 (Independent) terhadap variabel Y (Dependent)Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan (korelasi) yang positif antara orientasi kerja, motivasiĀ  kerja dan kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar 0,839, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan cukup kuat. Berdasarkan hasil uji validitas bahwa selurih item pernyataan dari variabel orientasi kerja, motivasi kerja dan kinerja pegawai memiliki rhitung > dari rtabel maka kuesioner dapat dinyatakan valid dan digunakan sebagai alat pengumpulan data. Dari hasil koefisien korelasi berganda analisis koefisien determinasi yang diperoleh 0,846, hal ini berarti bahwa yang terjadi pada variasi variabel terikat (kinerja pegawai) 84,6% di tentukan oleh variabel bebas (orientasi kerja,motivasi kerja) dan sisanya sebesarĀ  15,4% ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi yang diperoleh Y = 1,354 + 0,488X1 + 0,485X2 + e hal ini berarti bahwa yang terjadi pengaruh oada variabel terikat (kinerja pegawai) ditentukan oleh variabel bebas (orientasi kerja dan motivasi kerja) dengan koefisien regresi sebesasr 0,488X1,0,485X2 + e. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimna t hitung 11,434 > t tabel 8,464 yang berarti terdapat pengaruh postifi dan signifikan dengan 3 variabel tersebut. Maka disimpulkan ada pengaruh orientasi kerja, motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Tengah.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ardana, I Komang, Mujiati dan Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian
Bayus Fadillah, Handoyos Djokos W dan Agung Budiatmo. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Produksi Bagian Jamu Tradisional Unit Kaligawe PT. Njonja Meneer Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic. Hal. 1-9
French, L. 2012. Dysmenorhhe. American Family Physcian; Academic Research Library
Goldthorpe J.E. 2013. Sosiologi Dunia Ketiga Kesenjangan dan Pembangunan, Jakarta. PT. Gramedia
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE
Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan ke 10, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Ingham, G. 2012. Size of Industrial Organization and Worker Behavior. Cambridge: Cambridge University Press.
Malayu SP. Hasibuan, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. : Bumi Aksara, Jakarta.
Ma'sumah, S. 2019. Kumpulan Cara Analisis Data Beserta Contoh Judul Dan Hipotesis Penelitian. Purwokerto: CV.Rizquna program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sedarmayanti. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.
Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.
Setyarini, Putri. (2017). Pengaruh Kepribadian Terhadap Kerjasama Tim Melalui Komitmen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Tabungan Negara Syariah Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Soekidjo Notoatmodjo. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta, Rineka Cipta, 85.
STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah. 2022. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian dan Penyusunan Skripsi, STIE-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sunjoyo, dkk. (2013). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset, Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Wahyu, K. dan Aji, H.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan bukti fisik Terhadap Kepuasan Konsumen.
Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Media Group, Jakarta.
Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Sutrisno, Edy, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta, Kencana.
Wahyudi, Imam (2012). Profesionalisme Guru strategi Praktis mewujudkan Citra Guru Profesonal. Jakarta: Prestasi Jakarta
Werther Jr, William B. dan Keith Davis. (2012). Human Resources and Personnel Psychology. Illinois: Richard D. Irwin Home Wood.
Winardi. 2016. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Published
2023-03-15
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)