HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN KEJADIAN ANAK BALITA BAWAH GARIS MERAH (BGM) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NOKILALAKI

  • Dessy Purnama Sari Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Hakim Laenggeng Bagian Gizi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Zhanaz Tasya Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

BGM merupakan penyebab pertama kematian anak balita yaitu sebesar 54% kematian anak balita di dunia, Indonesia sebagai peringkat kelima dunia yang anak balitanya mengalami gangguan pertumbuhan dengan jumlah anak balita yang berat badannya berada di bawah garis merah sebesar 3,1% juta anak balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kejadian anak balita bawah garis merah (BGM) di Wilayah Kerja Puskesmas Nokilalaki. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode propotional random sampling dengan pendekatan cross sectional study yang dalam pelaksanaannya baik variabel bebas (independent) maupun variabel terikat (dependent) dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan Ibu tidak memiliki hubungan dengan kejadian anak balita bawah garis merah (BGM) dengan nilai p value = 0,073 dan status ekonomi memiliki hubungan dengan kejadian anak balita bawah garis merah (BGM) dengan nilai p value = 0,020. Diharapkan tenaga kesehatan dapat lebih meningkatkan penyuluhan yang lebih baik lagi mengenai pentingnya melakukan pencegahan kejadian anak balita bawah garis merah (BGM) yang dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya ibu balita dalam memperbaiki tingkat pengetahuan melalui penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dan memperbaiki status ekonomi keluarga.

Author Biographies

Dessy Purnama Sari, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Abdul Hakim Laenggeng, Bagian Gizi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
Dosen
Zhanaz Tasya, Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, 2017. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah 2017. Sulawesi Tengah

Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, 2017. Profil Kesehatan Kabupaten Sigi 2017. Kabupaten Sigi

Kementrian Kesehatan, 2016. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. Jakarta

Novitasari, dkk. 2016. Determinan Kejadian Anak Balita di Bawah Garis Merah di Puskesmas Awal Terusan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Volume 7 .

Nurul B. L. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Balita BGM di Puskesmas Tegowanu. Jurnal Gizi FIKKES

Wulandari M, Wikanastri H. 2013. Hubungan Karakteristik Ibu dan Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Kasus Gizi Buruk pada Balita di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang. Jurnal Unismuh.

Published
2018-11-14
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat