Analisis Perbedaan Pengetahuan Siswi SMK Al-Amiin Wani Tentang Kesehatan Reproduksi melalui Penyuluhan Kesehatan

An Analysis of Students' Knowledge Difference of Al-Amiin Vocational School Wani About Reproductive Health Through Health Counseling

  • Sofiana S. Makalanco Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jamaluddin Sakung Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhamad Jufri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan, kesehatan reproduksi, penyuluhan kesehatan

Abstract

Masa remaja adalah masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan dalam semua aspek kehidupan, baik aspek fisik, intelektual maupun psikologis. Kasus seputar reproduksi remaja sekarang semakin meningkat, disebabkan ketidakpahaman remaja terhadap berbagai aspek reproduksi yang berhubungan dengan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan siswi SMK Al-Amiin Wani tentang Kesehatan Reproduksi melalui penyuluhan kesehatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan quasi-experimentale one group pretest postest. Yaitu sebelum melakukan penyuluhan kepada responden/siswi diberikan kuisioner (pretest) kemudian setelah penyuluhan dilakukan, responden diberi kuisioner untuk yang kedua kalinya (postest). Setelah itu peneliti membandingkan hasil pretest-postest untuk menganalisis perbedaan pengetahuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik propotional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berdasarkan proporsi masing-masing kelas yang berjumlah 49 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan nilai Ï value = 0,000 nilai α = 0,01 atau nilai Ï value = 0,000 <  nilai α = 0,01 yang berarti H0 ditolak (ada perbedaan). Penelitian ini menyarankan kepada instansi puskesmas Wani agar memberikan penyuluhan pada siswi yang ada di wilayah sekolah SMK Al-amiin Wani tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi terkhusus pada remaja putri.

References

Ernawaty Dwi, 2017. Sulawesih Tengah Peringkat 3 Perkawinan anak usia dini di Indonesia.Diakses tanggal, 31 Oktober 2019.
Hasriani fajriah, 2017. Pengaruh Small Group Discussion Method Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Siswi Smk Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Universitas Gorontalo.
Putri Dian, 2018. Pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap seks pranikah pada siswa kelas x SMAN Wawatobi. Skripsi, kendari, Kebidanan Politeknik Kesehatan.
Published
2020-05-15
Section
Artikel Penelitian