Kualtas Pelayanan Berdasarkan Pendekatan Servqual (Service Quality) di Puskesmas Pantoloan Palu

Quality of Service Based Approach Servqual (Service Quality) in Health Pantoloan Palu

  • Fransiska Palinggi Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh.Jufri Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kualitas Pelayanan, Service Quality (ServQual), Puskesmas

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan perbandingan antara kenyataan (perceived service) atas pelayanan yang diterima dengan harapan (expected service). Lima dimensi servqual yaitu : Bukti Fisik (tangibles), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsivness), Jaminan (assurance) dan Empati (empathy). Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan Metode yang digunakan adalah metode “ServQual†(Service Quality) yakni suatu pendekatan pengukuran pelayanan untuk mengetahui kesenjangan antara pelayanan yang diterima dan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pada pelayanan yang diterima dengan kualitas pelayanan, Bukti Fisik p-Value 0,029, Kehandalan p-Value 0,000, Ketanggapan p-Value 0,004, dan Empati 0,017 dimana uji statistik p-Value < 0,05. Tidak ada hubungan pada pelayanan yang diterima dengan kualitas pelayanan meliputi Jaminan p-Value 0,112 dimana uji statistik p-Value > 0,05. Pada pelayanan yang diharapkan dengan kualitas pelayanan, dimana tidak ada hubungan Bukti fisik p-Value 0,819, Kehandalan p-Value 0,604, Ketanggapan p-Value 0,765, Jaminan 0,286 dan empati p-Value 0,306  dimana uji statistik p-Value > 0,05. Nilai kesenjangan terbesar terjadi pada dimensi jaminan, yaitu -3,16, yang terkecil terjadi pada dimensi ketanggapan yaitu, -1,77. Pada dimensi bukti fisik yaitu -3,4 dimensi kehandalan yaitu -2,12 dan dimensi empati -2,61. Penelitian ini menyarankan agar kepada pihak Puskesmas Pantoloan Palu agar selalu melakukan survey pelayanan kepada pasien agar pelayanan di puskesmas dapat terjalin dengan baik terhadap kualitas pelayanan.

References

Depkes RI, 2008. Profil Kesehatan Indonesia 2008. Jakarta:Depkes RI ;Jakarta.
Kemenkes RI.2014. Profil Kesehatan Indonesia. Kemenkes; Jakarta.
Puskesmas Pantoloan,2018.Profil Puskesmas Pantoloan. Palu.
Dadang Hermanto,2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Kebidanan, di Rsud Dr.H Soemarno Sosroatmojo Bulungan Kalimantan Timur.Tesis : Fkm Undip
Irawan, Handi D. 2007. 10 Prinsip Kepuasaan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Durianto, Darmadi dkk. 2001. Strategi Menaklukan Pasar. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Aritonang R, Lerbin R. 2005. Kepuasaan Pelanggan, Pengukuran Dan Penganalisaan dengan SPSS, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wiyono AS.2005. Studi Tentang Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten, Tesis, Program Pascasarjana Unismuh, Surakarta.
Azwar,1996. Pengantar Administrasi Kesehatan;Edisi Kedua.Binarupa Aksara: Jakarta.
Hendrajana. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rawat Jalan di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Tesis Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kotler; Philip. 1994. Marketing Management, Analysis, Palnning, Implementations And Control, Eight Edition, Prentice-Hall International, Inc.New Jersey.
Tjiptono, Fandy .2007. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing: Malang, Jawa Timur.
Published
2020-04-15
Section
Artikel Penelitian