Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Inpres 7 Labuan Baru Kota Palu

  • Alizar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu
  • Normawati Universitas Muhammdiyah Palu
Keywords: Kepemimpinan Kepala sekolah, Peningkatan Kinerja Guru Principal Leadership, Teacher Performance Improvement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan implikasinya pada peningkatan kinerja guru di SD Inpres 7 Labuan Baru. Menggunakan metode deskriptif kualitatif  yaitu suatu   penelitian yang dilakukan untuk menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Inpres 7 Labuan Baru yaitu: pertama, berorientasi pada tujuan untuk mewujudkan pencapaian visi misi sekolah, dengan mengutamakan musyawarah untuk memecahkan persoalan, melibatkan guru-guru dalam pengambilan keputusan, dan  meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan pelatihan, KKG dan webinar, serta memberikan bimbingan dan arahan kepada guru dan staf administrasi dan membangun komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan guru, staf administrasi dan siswa. Kedua, implikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Inpres 7 Labuan Baru, yaitu sekolah diorientaskan pada pencapaian tujuan Pendidikan, meningkatnya suasana demokratis di lingkungan sekolah, guru-guru merasa dihargai karena kebijakan sekolah diambil berdasarkan hasil musyawarah, meningkatnya kompetensi guru, sehingga kinerja guru menjadi semakin baik, meningkatnya  kompetensi guru dalam melaksanakan profesinya sebagai pendidik dan terbangunnya rasa keakraban dan kekeluargaan

This research aims to determine the Principal's Leadership Style and its implications for improving teacher performance at SD Inpres 7 Labuan Baru. Using a qualitative descriptive method, namely research carried out to interpret objects according to what they are. The results of the research show that the principal's leadership style in improving teacher performance at SD Inpres 7 Labuan Baru is: first, goal-oriented to realize the achievement of the school's vision and mission, by prioritizing deliberation to solve problems, involving teachers in decision making, and increasing competence teachers through training activities, KKG and webinars, as well as providing guidance and direction to teachers and administrative staff and building communication and maintaining good relationships with teachers, administrative staff and students. Second, the implications of the principal's leadership style in improving teacher performance at SD Inpres 7 Labuan Baru, namely that the school is oriented towards achieving educational goals, increasing the democratic atmosphere in the school environment, teachers feeling appreciated because school policies are taken based on the results of deliberation, increasing teacher competence, so that teacher performance becomes better, teacher competence increases in carrying out their profession as educators and a sense of closeness and kinship is built.

References

Abi Sujak, Kepemimpinan, Manajer (Eksistensinya dalam Prilaku Organisasi), (Jakarta : Rajawali Pers, 2013)

Andi Prastowo, Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Hikmat, Manajemen Pendidikan, (Bandung Pustaka: Setia, 2013)

Jasmani Asf dan Syaiful Mustofa, Supervisi Pendidikan Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Leo Anglin, Teching What It?s All About, (New York: Publishers, 2016)

Miftah Toha, Kepemimpinan dalam Manajemen, (Jakarta: PT Raja grapindoh 2017)

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2015)

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.
Reksoprodjo Handoko, Organisasi Perusahaan Teori Struktur dan Perilaku, (Yogyakarta : BPFE, 2016)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016
Sumi Suryabrata, Metodologi Penelitian. Depok : Raja Grafindo Persada, 2016
Supardi, Kinerja Guru, ( Jakarta: Grafindo, 2014 )

Sutikno M Sobri, Manajemen Pendidikan, (Lombok: Holistika, 2013)

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2019
Tim Penyusun Bahan Ajar/Modul PLPG, Modul Materi Paedagogik, Banjarmasin: 2013
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Cet.VII, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014)
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi pembelajaran (learning organization), (Bandung: Alfabeta, 2019)
Published
2024-02-20
How to Cite
Alizar, & Normawati. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Inpres 7 Labuan Baru Kota Palu. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(01), 54-66. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5012