STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMAKSILKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA LUKSAGU

  • Nusrah Mahmud Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abidin Djafar Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kepala Madrasah, Guru, Kinerja Guru, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menjelaskan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Luksagu dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui kegiatan reduksi data dan penyajian data. Hasil Penelitian ini menunjukkan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Luksagu yaitu dengan melakukan pembinaan dengan mengikutsertakan guru-guru yang ada di Madrasah pada berbagai seminar maupun pelatihan yang telah di programkan, pengawasan atau supervisi dilakukan kepala madrasah dengan cara berkunjung ke kelas secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, pembinaan disiplin tenaga kependidikan dilakukan dengan cara memantau langsung kehadiran guru dan siswa di depan gerbang masuk sekolah dalam hal kedisiplinannya, pemberian motivasi dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja dengan cara memberi masukan-masukan kepada guru mengenai kedisiplinan dan strategi belajar, dan pemberian penghargaan agar kinerja guru semakin baik. Hal lain bahwa fungsi manajemen diterapkan guna meningkatkan kinerja guru yang dalam hal ini, kinerja tersebut berkaitan dengan kualitas mengajar dan kualitas kerja yang berorientasi pada tugas dan fungsi guru yang di lihat dari rasa tanggung jawab yang di emban guru, terutama dalam proses pembelajaran.

References

Agus, Parda., Sarifudin, Sarifudin., & Ade Kohar. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme dan Kompetensi Tenaga Pendidik di Ma Al-Hidayah Warungkondang Cianjur. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1 (1).
Astuti, Rubiyah., & Dacholfany, M. Ihsan. (2021). Pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO 1 (2).
Ayunda, A. Z., Salsabila, U. H., El Zuhby, N., & Urbaningkrum, S. M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4 (3).
Hartawan, H. Aan. (2020). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (2).
Irlan, I., Rohiat, R., & Djuwita, P. (2017). Poin Hukuman dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA." Manajer Pendidikan, 11 (4).
Langgulung, Hasan. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra, h. 248
Moleong, Lexy J. (2021). Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu'amalah, Husnul. (2021). Analisis Kepemimpinan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dewantara, 9 (01).
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Peningkatan kinerja Guru), (Jakarta: Rajawali Pers.

Sarifudin. (2019). Implementasi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah negeri (min) kota bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (01).
Wibowo, Didik Budi., Qosim, Achmad., & Hidayat, Tauhid. (2020). Peranan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Tawakkal Denpasar Tahun Pelajaran 2019-2020. Faidatuna, 1 (1)
Yuliansyah, M., Jarkawi, J., Herman, M., & Junaidy, J. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Mendorong Kinerja Guru SMAN 8 Kota Banjarmasin. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (3).
Zahara, Siti., Muhsinin, Umil., & Fatmawati, Kiki. (2020). Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas II Dalam Pembelajaran Daring SDN 165 Catur Rahayu Kecamatan Dendang. Doctoral dissertation UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Published
2023-02-09
How to Cite
Nusrah Mahmud, Abidin Djafar, & Normawati. (2023). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMAKSILKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA LUKSAGU . Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 2(01), 32-44. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/view/3280