Optimalisasi Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Totikum dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam

  • Harman Sapat Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Aminun P. Omolu Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Isnada Waris Tasrim Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Sarana Prasarana, Prestasi Belajar, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang a) Manajemen optimalisasi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Totikum untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. b) Tinjauan manajemen pendidikan Islam terhadap optimalisasi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Totikum untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Totikum dilakukan melalui perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, dan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan melalui serangkaian tahapan yaitu rapat koordinasi sekolah, penetapan program sekolah, serta penetapan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. Sementara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Totikum dilakukan berdasarkan keputusan rapat koordinasi di awal semester dengan menyesuaikan kebutuhan program sekolah agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Pengadaan ini dilakukan oleh kepala sekolah berdasar pada kesepakatan bersama serta melihat kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan SMA Negeri 1 Totikum. (2) Tinjauan manajemen pendidikan Islam terhadap optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Totikum tergolong baik, yang mana penerapan fungsi-fungsi manajemen telah dilakukan namun terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan khususnya pada aspek pengawasan dan evaluasi. Terkait pengawasan perlu dipastikan bahwa anggota di bawahnya melakukan pekerjaan sesuai dengan rencana (program kerja). Terkait dengan evaluasi sebaiknya dilakukan bertahap seperti pertiga bulan sekali dan di akhir tahun ajaran sehingga ada hal-hal yang berkaitan dengan masalah sarana dan prasarana dapat diatasi secara langsung dengan cepat dan tepat sehingga membuat fungsi pengendalian menjadi lebih baik.

References

Ainiyah, Qurrotul., & Husnaini, Korida. "Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN Bareng Jombang." Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 3.2 (2019).
Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia. Manajemen Pendidikan. Yogjakarta: Aditya Media. (2012).
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Cetakan IV Jakarta: Bumi Aksara. (2008).
Bancin, Aswin., & Lubis, Wildansyah. "Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam)." Educandum 10.1 (2017).
Benu, Yunus Kenoret., Oedjoe, Mintje Ratoe., & K. Basri. "Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Yayasan Pendidikan Gloria Flobamora." PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3.2 (2019).
Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2019).
Herianto, Rudi., Sanuhung, Fitriyani., & Wajdi, Muhammad Farid. "Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana Di Sekolah." ARZUSIN 1.1 (2021).
Heriyati. "Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7.1 (2017).
Huda, Mohamad Nurul. "Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa." Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6.2 (2018).
Husen, Ahmad Anwar. Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar peserta didik di MTs Guppi Banjit Way Kanan. Diss. UIN Raden Intan Lampung. (2019
Ihuoma, P. A. The Need for Effective Facility Management in Schools in Nigeria. New York Science Journal. ISSN: 1554-0200 h. 22. ( 2008)
Indrawan, Irjus. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Cet. I (Yogyakarta: Deepublish. (2015).
Jannah, Saniatu Nisail., & Sontani, Uep Tatang. "Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 3.1 (2018).
Nurbaiti. "Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah." Manajer Pendidikan 9.4 (2015).
Nurmalina., & Nelliraharti. "Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Di SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah." JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE 6.1 (2020).
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. (2002).
Rohiat. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT. Refika Aditama, h. 26. (2006)
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet-28. Bandung: Alfabeta. (2018).
Published
2022-08-18
How to Cite
Harman Sapat, Aminun P. Omolu, & Isnada Waris Tasrim. (2022). Optimalisasi Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Totikum dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 1(01), 28-43. https://doi.org/10.47400/jemil.v1i01.2708