Tantangan Orang Tua di Era Digital terhadap Akhlakul Karimah Anal di Desa Ngatabaru Sigi Biromaru

  • Muh Abduh Fahrullah T Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Tantangan, Upaya, Pengaruh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tantangan orang tua diera digital terhadap akhlakul karimah anak di desa Ngatabaru, dan bagaimana upaya orang tua terhadap anak yang kecanduan terhadap handphone di desa Ngatabaru. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dan dilakukan untuk menghasilkan data yang objektif yang terjadi dilokasi penelitian serta tidak memerlukan hipotesis yang sifatnya menduga-duga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Adapun tantangan orang tua diera digital terhadap akhlakul karimah anak di desa Ngatabaru adalah sebagai berikut berbagai macam tantangan yang dihadapi orang tua diera digital seperti, kurangnya komunikasi anak dengan orang disekitar sehingga membuat anak lebih terfokus pada gadgetnya, kemudian anak menjadi kurang tidur atau kurang istirahat tentunya hal ini juga merupakan tantangan besar bagi orang tua terhadap kesehatan anaknya, adapula timbulnya sifat agresif terhadap anak hal ini juga menjadi tantangan yang selanjutnya bagi orang tua karena dengan menggunakan alat canggih pada saat ini membuat anak menjadi terfokus pada satu perhatian dan seakan tak ingin di ganggu sehingga timbulnya rasa agresifitas yang tinggi terhadap anak, ada juga tantangan yang selanjutnya ialah anak lebih konsentrasi pada dunia maya dari pada dunia nyata hal ini dikarenakan anak yang sudah terlanjur fokus pada satu arah yaitu penggunaan gadget yang terlalu lama, adapula tantangan yang selanjutnya ialah anak akan menjadi malas tentunya hal ini akan berakibat fatal jika orang tua hanya membiarkan anaknya menggunakan gadget terlalu lama yang membuat anak akan menjadi malas melakukan sesuatu.

References

RI PPSJMPR. IMPLIKASI ETIS DARI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI.

Lubis D, Siregar HS. Bahaya Radikalisme terhadap Moralitas Remaja melalui Teknologi Informasi (Media Sosial). Apl J Apl Ilmu-ilmu Agama. 2021;20(1):21–34.

Ngafifi M. Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. J Pembang Pendidik Fondasi dan Apl. 2014;2(1).

Lengkong JLM. KONSTRUKSI RELIGIOSITAS KRISTEN DALAM INTERNET.

Zaini M, Soenarto S. Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;3(1):254–64.

Ria M, Said CM, Halik A. Implikasi Pekerjaan Orang Tua terhadap Kelangsungan Pendidikan Anak dalam Tinjauan Pendidikan Islam di Desa Ngatabaru. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2020;15(1):41–5.

Chusna PA. Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Din Penelit Media Komun Penelit Sos Keagamaan. 2017;17(2):315–30.

Iswidharmanjaya D. Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Vol. 1. Bisakimia; 2014.

Wulansari NMD. Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia; 2017.

Mulyadi S. Cerdas Emosi: Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. ESENSI; 2004.

Sani RA, Kadri M. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara; 2016.

Published
2021-07-07
How to Cite
T, M. A. F. (2021). Tantangan Orang Tua di Era Digital terhadap Akhlakul Karimah Anal di Desa Ngatabaru Sigi Biromaru. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(1), 28-36. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i1.1589
Section
Articles