Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji

Analysis Of Health Services Marketing Mix Strategy At Labuang Baji Regional Public Hospital

  • Dian Anggraeni Rachman Universitas Negeri Makassar
  • Nur Anisa Universitas Negeri Makassar
Keywords: Bauran Pemasaran; Promosi; Pelayanan Kesehatan

Abstract

Bauran pemasaran adalah inti dari strategi pemasaran perusahaan dimana unsur-unsur pemasaran yang saling terkait dibaurkan, diorganisir, dan digunakan dengan tepat, sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai secara efektif dalam mewujudkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran “promotion” dan “people” dalam pelayanan Kesehatan yang digunakan di Rumah Sakit Labuang Baji Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi promosi yang dilakukan di RSUD Labuang Baji menggunkan bauran promosi hubungan masyarakat dan publikasi Upaya yang dilakukan ialah publikasi melalui media sosial dan website, kerja sama dengan rumah sakit dan puskesmas, penyuluhan dan pemeriksaan gratis. Media yang digunakan dibedakan menjadi dua, media online (website dan sosial media) dan media offline (media cetak dan media elektronik). Adapun strategi people di RSUD Labuang Baji ialah menerapkan seleksi sesuai dengan standar kompetensi, memberikan pelatihan baik pelatihan umum maupun khusus serta penerapan budaya kerja 5s (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) dan budaya madani serta adanya aturan terkait seragam yang harus dikenakan oleh petugas.

References

Anom, E. (2024). Public Relations Dalam Kegiatan Marketing. Public Relations Dalam Kegiatan Marketing Jurnal Komunikologi, 1(1), 1.
Bayty, D. N., Ramlan, H., & Usman. (2022). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 5(1), 511–520. https://doi.org/10.31850/makes.v5i1.750
Cupian, Zaky, M., Nurjaman, K., & Kurnia, E. (2020). Analisis Pelaksanaan Rekruitmen, Seleksi dan Penempatan berdasarkan Perspektif Islamic Human Capital. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 1–14.
Hanafiah, A. (2024). Manajemen Sumber Daya Mnausia dalam Sektor kesehatan. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. https://repository- penerbitlitnus.co.id/149/1/Manajemen_Sumber_Daya_Manusia_dalam_Sektor_Kesehatan.pdf
Indraswati, D., Haeruddin, & Asrina, A. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelayanan dan Minat Berkunjung Kembali Pasien Umum Di Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2023, 4(3), 211–221. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1154JournalHomepage:https://pasca- umi.ac.id/index.php/jmch
Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. In K-Media. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/852/1/6_PERENCANAAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN_1.pdf
Kemenkes RI. (2023). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2003 TENTANG KESEHATAN. 187315.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Oktaviani, R., Rakhmawati, F., & Sugiyarti, A. T. (2024). Hubungan Kualitas Sumber Daya Manusia Dengan Kinerja Pegawai Non Medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Probolinggo Tahun 2024 Abstrak. JurnalI Lmiah Kesehatan, 16(September), 303–316. https://doi.org/10.37012/jik.v16i2.2325
Putri, W. K., Tikirik, W. O., Ruslang, R., Alfiyani, L., Yakob, A., Rahmah, A. H., Sumini, S., Uzizulloh, M. R., Rifai, T., & Santoso, E. B. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kunjungan Rumah Sakit : Literature Review.Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 7038–7045.https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22244
Rahman, M. A. (2020). Pemasaran Jasa Rumah Sakit. In Alauddin University Press.
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Suliwati, D., Syahfruddin, Saputra, E., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Rahmandani, A. N. (2022). Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull, Pass Strategy) Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(1), 44–49. https://doi.org/10.21107/jkim.v2i1.15511
Rahmawati, A. Y., Hartono, & Hidayat, M. S. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P ( PRODUCT , PRICE , PLACE , PROMOTION ,. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(3), 149–158.
Sembiluh, D. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224–232.https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
Suyatmi, S., Latunreng, W., Yosepha, S. Y., & Arifin, A. L. (2024). Analisis Pengaruh Kompetensi, Kedisiplinan, Dan Budaya Kerja Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Jurnal PenelitianManajemen Terapan (PENATARAN), 9(1 SE-Articles), 64–73. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/853
Syarifuddin, L. Mandey, S., & J.F.A Tumbuan, W. (2022). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran. In Istana Agency. Telaumbanua, R. F. (2020). Jurnal Ilmiah Kesehatan
Wiratman, A. P., Ahri, R. A., & Muchlis, N. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap RSUP Dr. Tadjuddin Chalid. Window of Public Health Journal, 71(3), 143–148. http://philstat.org.ph
Published
2025-11-25
Section
Article