Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Permata Kecamatan Limboto
The Relationship Between Parental Knowledge and Temper Tantrums in Preschool Children at Permata Kindergarten, Limboto District
Abstract
Temper tantrum adalah perilaku emosional yang umum terjadi pada anak usia prasekolah, ditandai dengan ledakan emosi seperti menangis, berteriak, atau marah berlebihan akibat ketidakmampuan anak mengekspresikan perasaan secara positif. Salah satu faktor yang memengaruhi kejadian ini adalah tingkat pengetahuan orang tua mengenai pencegahan serta penanganan emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah di TK Permata Kecamatan Limboto. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 32 responden yang seluruhnya dijadikan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan orang tua tentang temper tantrum dan kuesioner kejadian Temper Tantrum. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan tingkat pengetahuan orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah di TK Permata Kecamatan Limboto. Analisis menggunakan uji Chi-Square memperoleh nilai p-value < 0,05. Hal ini menandakan bahwa semakin baik pengetahuan orang tua, semakin kecil kemungkinan anak mengalami temper tantrum. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi orang tua untuk memahami pentingnya pengetahuan tentang temper tantrum, sehingga mampu mencegah dan menanganinya dengan tepat. Sebagai upaya nyata, peneliti juga membagikan leaflet agar orang tua lebih mudah memperoleh informasi dan pemahaman terkait pencegahan serta penanganan.
References
Fauziah, Y., Efendi, F., Pratiwi, I.N, & Aurizki, G.E. (2019). Parental Self Efficacy On Temper Tantrum Frequency in Children. Indian Journal of Public Health Reserch & Development, 10(8), 2798-2802.
Fatmaningtyas, R. (2019). Hubungan antara pengetahuan ibu dengan pola asuh anak temper tantrum pada usia toddler. Skripsi. Program studi Ilmu Keperawatan: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Hasanah, U., Pratiwi, R.D., & Farida. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dan Penerapan Pendidikan Agama Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah di Rw 002 Desa Bojong Sempu Parung Bogor, Edu Dharma Journal. 2(4), 38-52.
Ilmiyah, S.H., Maghfuroh, L., & Aisyah, H.S. (2025). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di RA Aisyatul Wahidah. Jurnal Ilmiah Biosaintropis, 2(10), 9-17. https://doi.org/10.33474/e-jbst.v10i2.602
Jiu, C.K., Hartono, Lince, A., Surtikanti, Tisa, G., & Wuriani. (2021). Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita Paud, 5(2), 262-267.
Lailiyah, H.W., Nisa, Z., & Nisfa, N.L. (2023). Pengaruh Temper Tantrum Terhadap Perubahan Psikis dan Perilaku Psikis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 4(1), 61-69.
Marita, Z., & Komala, R. (2022). Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Penanganan Temper Tantrum pada Balita Posyandu Jatimekar. Jurnal Keperawatan Andakara, 2(2), 70–83.
Nabilla, S., & Desmon, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Ilmiah Zona Piskologi, 3(4), 66-73.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, Edisi 5. Surabaya: Salemba Medika.
Notoatmodjo. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta Salemba Medika.
Putri, L., Widyastuti, y., & Enikmawati, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Publikasi, 1-11.
Putri, A.A. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Di Tk Bunda Dharmasraya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2041- 2048.
Suhartini. (2017). Hubungan Komunikasi Orang Tua dengan Temper Tantrum pada Anak Prasekolah. Skripsi. Program studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang.
Syakiroh, F. (2022). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Temper Tantrum Dengan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Desa Lubuk Tua. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.
Syarah, M. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua dengan Penanganan Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah di Tk Pembina Desa Arang Lambung. Skripsi. Program Sarjana institut Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak.
Tiffany, C. (2019). Temper tantrum and management, Journal Pediatric University of Chicago. 2(1), 49-53.
Vivin, S., & Daryanti, E.I. (2020). Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Dengan Mekanisme Koping Orang Tua Menghadapi Temper Tantrum. Carolus Journal Of Nursing, 1(3), 1-14.
Yuliyanti, E., Hasbi, H. Al, Sutanta, & Sari, I. W. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Penaganan Temper tantrum pada Anak Usia Balita. Jurnal Kebidanan, XV(02), 182–191.
Zuhroh, D.F., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah. Indonesian Journal Of Professional Nursing, 2(1), 24-33.






