Parent’s Voice Tentang Pengasuhan Orang Tua Yang Diterapkan Pada Anak Penyandang Autisme Di SLBN 2 PK-PLK Kota Cimahi : Studi Kualitatif Eksploratif
Parent's Voice on Parenting Applied to Children with Autism at SLBN 2 PK-PLK, Cimahi City: An Exploratory Qualitative Study
Abstract
Latar Belakang: Pola pengasuhan yang tidak tepat pada anak penyandang autisme dapat berdampak pada gangguan perkembangan mereka. Peran orang tua sangat penting untuk meningkatkan perkembangan anak dengan autisme.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami pengalaman orang tua dalam menerapkan pengasuhan pada anak penyandang autisme di Kota Cimahi.
Metode: Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan desain deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan delapan ibu yang memiliki anak autisme sebagai partisipan. Analisis data menggunakan metode analisis tematik menurut Boyatzis.
Hasil: Ditemukan lima tema utama: 1) Pola asuh yang diterapkan ibu, 2) Respon ibu dalam merawat anak autisme, 3) Kebutuhan anak dalam konsep asah, asih, asuh, 4) Harapan ibu untuk masa depan anak, dan 5) Sistem pendukung (support system) yang dimiliki ibu.
Kesimpulan: Penelitian ini merekomendasikan agar perawat dapat mengembangkan asuhan keperawatan yang komprehensif, termasuk intervensi manajemen stres dan dukungan bagi orang tua dengan anak autisme.
References
Alligood, M.R. (2014). Nursing theory & their work (8th). The CV Mosby Company.
Baxter, A.J., Brugha, T.S., Ergoline, H.E., and Scheurer, R.W. (2014). The epidemiology and global burden of autism spectrum disorders. Journal Psychological Medicine.
Bilgin, H., & Kucuk, L. (2010). Raising an autistic child: Perspectives from turkish mothers. Journal of child and adolescent psychiatric nursing.
Djamarah, S.B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Rineka Cipta.
Hockenberry, M.J. & Wilson, D. (2015). Wong's nursing care of infants and children (8ed). Missouri: Elsevier inc.
Moleong, L. (2014). Metode penelitian kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Pamoedji, G. (2010). 200 Pertanyaan dan jawaban seputar autisme. Utan Ciputat Hasanah.
Riany, Y.E., Cuskelly, M., & Meredith, P. (2017). Parenting style and parent-child relationship: A comparative study of indonesian parents of children with and without autism spectrum disorder (ASD). Journal of Child and Family Studies.
Soetjiningsih & Ranuh, G. (2013). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.
Streubert, H.J. & Carpenter, D.R. (2011). Qualitative research in nursing: Advancing humanistic imperative (5 th Ed). Philadelphia: Lippincott Williams and Wilkins.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
World Health Organization. (2013). Autism spectrum disorder & others developmental disorder from raising awareness to building capacity. Switzerland.
Yuwono, J. (2012). Memahami anak autistik (kajian teoritik dan empirik). Bandung: Alfabeta.






