Implementasi Indeks Massa Tubuh dengan Obesitas pada Anak Sekolah Menengah Pertamadi Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji Kota Palu

Implementation of Body Mass Index With Obesity In Junior High School Children in the Working Area of Kamonji Health Center, Palu City

  • Melda Sri Ayu Ami Akademi Keperawatan Justitia
  • Indri Iriani Akademi Keperawatan Justitia Palu
  • Syaiful Tahir Akademi keperawatan Justitia Palu, Indonesia
Keywords: Indeks Massa Tubuh, Obesitas, Anak Sekolah.

Abstract

Indeks massa tubuh (BMI) merupakan tolak ukur pengelompokan komposisi berat badan. Hasil pemeriksaan berkala anak SMP di Puskesmas Kamonji pada tanggal 21 Juni 2023 diperoleh jumlah anak SMP sebanyak 2.592 anak laki-laki sebanyak 1.282 orang, anak perempuan sebanyak 1.310 orang, usia >15 tahun sebanyak 1.771 anak, berat badan normal sebanyak 1.754 anak, berat badan normal sebanyak 5 anak BB kurus, 11 orang memiliki ukuran tubuh gemuk, dan 1 anak yang mengalami obesitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui teknik umum penerapan IMT dengan obesitas pada anak usia sekolah. Metode penelitian ini menggunakan desain studi kasus observasional dengan instrumen yang digunakan adalah lembar angket timbangan berat badan, alat ukur TB, lembar observasi pola makan, lembar observasi latihan fisik, dan lembar observasi indeks massa tubuh (IMT). Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan tindakan perawatan selama tiga hari diperkirakan berat badan membaik dengan kriteria berat badan membaik, tebal lipatan kulit membaik, dan indeks massa tubuh membaik, intervensi dipertahankan dan dilanjutkan oleh keluarga.

 

References

Abadi, A. B., Fadllullah, A., Sumardi, S., Mahdi, S., & Juniar, A. N. (2022). Perhitungan Indeks Massa Tubuh Less Contact Berbasis Computer Vision dan Regresi Linear. Mattrik?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan RekayasaKomputer, 21(3), 629–638. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i3.1512

Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2021). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak Di Desa Bawuran Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati, 4(1), 65–70. Budiman,.

Anggeriyane, E. (2022). Tumbuh Kembang Anak.

Bangkele, E. Y. (2023). Persepsi Orang Tua, Guru Dan Tenaga Kesehatan Tentang Obesitas Pada Anak Dan Remaja. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan …, 9(1), 58–64. https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/htj/article/view/658%0Ahttps://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/htj/article/download/658/410

Buku register puskesmas kamonji. (2023). In rekapitulasi hasil pemeriksaan berkala anak sekolah menengah di Puskesmas Kamonji 21 juni 2023.

CDC. (2018). About Child & Treen BMI.Retrived February 2019, from centers and prevention:http://www.gov/healthyweight/asesing/bmi/childrens eh

Drs. Ahmad Susanto, M. pd. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini.

Fadilah, N., & Sefrina, L. R. (2022). Hubungan Pola Makan, Asupan Kebisaan Makan, Dan Aktifitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar?: Literature Review. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 7(3), 200. https://doi.org/10.30829/jumantik.v7i3.11500

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Ilmu, J., Masyarakat, K., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2010). Sebelum Dan Sesudah Mengkonsumsi Bekatul ( Rice Bran ) ( Studi Kasus pada Mahasiswa UNNES Umur 20-30 Tahun di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009 ). Skripsi, 1–64.

Indriani, Loebaloe, N. P., & Wardhani, R. R. (2020). Pola Aktifitas Fisik dan Hubungannya dengan Perubahan IMT Terhadap Anak Sekolah Dasar di Yogyakarta. The 11th University Research Colloquium 2020: Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 261–268.

Kaparang, D. R., Padaunan, E., & Kaparang, G. F. (2022). Indeks Massa Tubuh dan Lemak Viseral Mahasiswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1579. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1579-1586.2022

Kemenkes. (2019). Laporan riskesdas 2018. Laporan Nasional RIskesdas 2018. 53(9):181–222. Kementrian. 11(1), 81–89.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018. Laporan Nasional Riskesda 2018.

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Muchtar, F., Rejeki, S., & Hastian, H. (2022). Pengukuran dan penilaian status gizi anak usia sekolah menggunakan indeks massa tubuh menurut umur. Abdi Masyarakat, 4(2), 2–6. https://doi.org/10.58258/abdi.v4i2.4098

Novitasary, et a. (2022). Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Obesitas pada Anak Usia SekolahNovitasary, et al. Jurnal E-Biomedik (EBM), 1(2), 1040–1046.

Nuha Medika. (2010). obesitas dan gangguan perilaku makan pada remaja.

Nuha Medika. (2012). Obesitas Anak Dan Pencegahannya Dilengkapi Nutrisi Untuk Anak.

Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo, F. D., & Lenny, L. (2022). Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187.

PPNI. (2018b). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan, Edisi 1 Cetakan II. Jakarta: PPNI.

PPNI, T. P. S. D. (2017b). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia (Edisi 1).

Puspita, D., Makmuriana, L., & Mariani, A. R. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Tumbuh Kembang Anak Dan Kejadian Obesitas Di Sekolah Dasar Swasta Bruder Melati Pontianak. Jurnal Keperawatan & Kesehatan, 5(3), 39–46. http://journal.stikmuhptk.ac.id/index.php/jkk/article/view/38

Riskesdas. (2021.). Jumlah Obesitas Pada Anak.

Rokhman, O., &. (2018). Pengaruh Pola Aktivitas Fisik Dan Keturunan Tehadap Kejadian Obesitas Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Banjar Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Mandiri 1 Aktif STIKes Bina Putera Banjar, 1, 13-17.

Rozi, muhammad fatkhur, & Susanto, I. H. (2022). Gambaran Aktivitas Fisik Dan Iindeks Massa Tubuh Siswa Sekolah Dasar Mi Ma’Arif Nurul Ulum Benjeng Gresek | Jurnal Kesehatan Olahraga. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/48297

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Sholihah, M. (2021). Pengaruh Intervensi Berbasis Sekolah dalam Pencegahan Obsesitas Anak Dan Remaja terhadap Perilaku Kesehatan, Aktifitas Fisik, dan Indeks Masa Tubuh: A Systematic Review The Effect of School-Based Interventions in Preventing Child and Adolescent Obesity on. 2(1,2), 149–200.

Soetjiningsih Gde Ranuh, IG. N. (2013). Tumbuh Kembang Anak.

Sugiono. (2016). Metodologi penelitian.

Triana, K. Y., Lestari, N. M. P. L., Anjani, N. M. R., & Yudiutami, N. P. P. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Kejadian Obesitas pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Raflesia, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.33088/jkr.v2i1.500

World Health Organization. (2021). Asia Tenggara Indonesia.

World Health Organization. (2022).seputaran indeks massa tubuh.

zafira jauza, Lengkung, B., Pada, K., Usia, A., & Akhir, M. K. (2022). Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh (Imt) Denganbentuk Lengkung Kaki Pada Anak Usia Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Vokasi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.7454/jvi.v10i2.1018

Zuhriyah, A., & Indriwati,V. (2021).Konsumsi Energi, Protein, Aktivitas Fisik, Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Siswa SDN Dukuhsari Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Gizi Universitas Negeri Surabaya,.

Published
2024-01-19
Section
Artikel Penelitian