Pengaruh Kontrol Diri dan Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK Negeri 1 Witaponda

The Effect of Students' Self-Control and Knowledge of Financial Inclusion on the Saving Behavior of Students of SMK Negeri 1 Witaponda

  • Besse Wilda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Cici Rianty K. Bidin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Munawarah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Anisa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Kontrol Diri, Inklusi Keuangan Siswa, Perilaku Menabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kontrol diri dan pengetahuan Inklusi keuangan siswa secara serempak berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda, 2) Pengaruh kontrol diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda, 3) Pengaruh pengatahuan inklusi keuangan siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 130 Responden. Metode Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan jenis Non probability sampling  dengan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kontrol diri dan pengetahuan inklusi keuangan siswa berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda, 2) Kontrol diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda, 3) Pengetahuan inklusi keuangan siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung siswa SMK Negeri 1 Witaponda.

References

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro ,semarang.

Kartikasari, E. D., Prasetya, D. E., Hidayatullah, T. B., Prista, A., & Huda, M. (2023). LIterasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Budaya Menabung. 2.

Putri, T. P. (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. 6.

Putri, T. P. (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. 6.

Rachma, E. A. (2019). The Effect Of Self Control And Financial Literacy For Student’s Saving Behavior.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian (kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (edisi 2). Alfabet Bandung.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian (Kuantitatif,kualitatif dan R&D ) (Cetakan 27). Alfabeta Bandung.

Susanti, S. (2016). Pengaruh Locus of Control Internal Dan Pendapatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 5-17.

Published
2024-09-30
Section
Artikel Penelitian